SERTIFIKASI PROFESI DI BIDANG IT

Sertifikasi Profesi Di Bidang IT

Bagi mereka yang berkecimpung di bidang teknologi, sertifikasi profesi di bidang IT sangatlah bermanfaat. Sertifikasi profesi di bidang IT menunjukkan bahwa para profesional IT memiliki kualifikasi, kemampuan, dan kelebihan yang dibutuhkan di pasar kerja. Sertifikasi profesi bidang teknologi informasi juga membantu meningkatkan mutu dan standar layanan di sektor teknologi.

Di Indonesia, sertifikasi profesi di bidang IT diselenggarakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). BNSP adalah lembaga nonstruktural di bawah pemerintah yang bertugas menyelenggarakan sertifikasi kompetensi kerja nasional Indonesia. BNSP berwenang untuk menetapkan standar kompetensi kerja nasional Indonesia, mengakreditasi lembaga sertifikasi profesi, dan mengawasi pelaksanaan sertifikasi profesi.

 

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang sertifikasi profesi di bidang IT melalui BNSP. Artikel ini akan mengulas tentang macam-macam sertifikasi profesi di bidang IT, persyaratan dan proses untuk mendapatkan sertifikasi profesi bidang teknologi informasi, serta keuntungan dan peluang karier yang ditawarkan oleh sertifikasi profesi di bidang IT. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang sertifikasi profesi bidang teknologi informasi.

BNSP DAN FERDI TRAINING CENTER INDONESIA

 

Manfaat Sertifikasi Profesi Di Bidang IT

Sertifikasi profesi di bidang IT adalah salah satu cara untuk menunjukkan kemampuan dan kualifikasi Anda di bidang teknologi informasi. Ada banyak manfaat dari Sertifikasi BNSP bidang teknologi informasi, di antaranya adalah:

  • Membuat Anda lebih percaya diri. Anda akan merasa lebih yakin dengan kemampuan Anda dan lebih siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja jika Anda memiliki sertifikasi profesi di bidang IT.
  • Mendapatkan penghargaan resmi. Anda akan mendapatkan penghargaan resmi dari pemerintah, organisasi profesi, atau perusahaan yang menyelenggarakan sertifikasi jika Anda memiliki sertifikasi profesi bidang teknologi informasi. Penghargaan ini dapat memberikan Anda peluang kerja yang lebih banyak dan meningkatkan citra Anda di mata klien atau mitra kerja.
  • Meningkatkan kemampuan dan keistimewaan. Anda akan meningkatkan kemampuan dan keistimewaan dalam bidang teknologi informasi jika Anda memiliki Sertifikasi BNSP di bidang IT. Anda dapat belajar hal-hal baru, mengikuti perkembangan terkini, dan menunjukkan bahwa Anda dapat menguasai berbagai macam sertifikasi IT yang tersedia.
  • Meningkatkan karier dan penghasilan. Anda akan meningkatkan karier dan penghasilan Anda sebagai profesional IT jika Anda memiliki sertifikasi profesi bidang teknologi informasi. Anda dapat memiliki kesempatan untuk mendapatkan promosi, kenaikan gaji, atau pekerjaan yang lebih cocok dengan minat dan bakat Anda.

Itulah beberapa manfaat dari sertifikasi profesi di bidang IT. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan atau mengembangkan karier di bidang teknologi informasi.

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi Program ini:

CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

Sertifikasi Profesi Di Bidang IT Oleh BNSP

Sertifikasi kompetensi kerja nasional Indonesia diselenggarakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), sebuah lembaga independen. BNSP membuat Sertifikasi Profesi di Bidang IT dengan maksud untuk:

  • Memastikan kualitas kompetensi dan penghargaan tenaga kerja di bidang teknologi informasi, baik yang berasal dari lulusan pelatihan kerja ataupun dari pengalaman kerja.
  • Menyusun standar kompetensi kerja nasional Indonesia di bidang teknologi informasi, yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta peraturan perundang-undangan.
  • Mengesahkan lembaga sertifikasi profesi yang menyelenggarakan sertifikasi profesi di bidang teknologi informasi, agar memiliki mutu dan kredibilitas yang baik.
  • Mengontrol pelaksanaan sertifikasi profesi di bidang teknologi informasi, agar sesuai dengan standar dan prosedur yang ditetapkan.

Dengan adanya Sertifikasi Profesi di Bidang IT, BNSP berharap dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja Indonesia di bidang teknologi informasi, serta memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi para profesional IT.

cara menjadi content creator yang baik

Skema-Skema Sertifikasi Profesi di Bidang IT

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Tenaga Kerja telah menetapkan SKKNI untuk Berbagai Bidang Profesi. Termasuk untuk Bidang Komunikasi, Teknologi Informasi dan Komputer. SKKNI ini kemudian diadaptasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang merancang Skema-Skema Sertifikasi Profesi Teknologi Informasi.

Ferdi Training Center dan Lembaga Diklat Profesi menjadi mitra bagi LSP dalam penyelenggaraan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Uji Kompetensi/Sertifikasi bagi siapapun yang membutuhkan Sertifikat Kompetensi dari BNSP.

Berikut adalah daftar Skema Sertifikasi Profesi Bidang IT yang kami selenggarakan. Anda bisa klik pada masing-masing skema untuk informasi lebih detail. Namun belum semua kami buat halaman khusus. Jadi silahkan anda bookmark/simpan halaman ini untuk mendapatkan Update. Anda juga bisa hubungi kami untuk konsultasi Sertifikasi Profesi dari BNSP yang anda kehendaki.

A. SKEMA SOFTWARE DEVELOPMENT
  1. Skema Junior Web Programmer > Baca Detail
  2. Skema Junior Web Developer > Baca Detail
  3. Skema Web Developer > Baca Detail
  4. Skema Programmer > Baca Detail
  5. Skema Software Engineer & Senior Software Engineer > Baca Detail
  6. Skema Database Programming
  7. Skema Junior Mobile Programmer
  8. Skema System Analyst > Baca Detail
  9. Skema Software Quality Control Tester
  10. Skema Database Programmer

software development sertifikasi profesi di bidang it

B. SKEMA PENGELOLAAN PUSAT DATA
  1. Skema Teknisi Pusat Data Muda > Baca Detail
  2. Skema Teknisi Pusat Data Madya > Baca Detail
  3. Skema Data Center Manager > Baca Detail
C. SKEMA DATA SCIENCE
  1. Skema Associate Data Scientist > Baca Detail
  2. Skema Big Data Scientist > Baca Detail
  3. Skema Associate Data Engineer
  4. Skema Data Engineer
  5. Skema Machine Learning Specialist
  6. Skema AI Analyst
  7. Skema Associate IOT Engineer
  8. Skema IOT Engineer

data sertifikasi profesi di bidang it

D. SKEMA NETWORK AND INFRASTRUCTURE
  1. Skema Junior Network Administrator dan Network Administrator > Baca Detail
  2. Skema System Administrator > Baca Detail
  3. Skema Junior Networking
  4. Skema Networking
  5. Skema Teknisi Muda Jaringan Komputer
  6. Skema Utama Jaringan Komputer
E. SKEMA DATA MANAGEMENT SYSTEM
  1. Skema Data Analyst > Baca Detail
  2. Skema Database Administrator
  3. Skema Data Entry Clerk
  4. Skema Data Management Staff
  5. Skema Data Entry Coordinator
  6. Skema Technical Engineer
F. SKEMA IT MOBILITY AND INTERNET OF THINGS
  1. Skema Cloud Computing > Baca Detail
  2. Skema Junior Mobile Computing
  3. Skema Senior Mobile Computing

—-

Sekali lagi kami tegaskan bahwa halaman ini akan terus diupdate sesuai dengan Skema-skema baru yang bisa kami fasilitasi proses Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Sertifikasinya. Jadi anda bisa memantau terus dengan bookmark atau menyimpan link halaman ini.

Bagi anda yang konsultasi mengenai Program Sertifikasi sesuai skema-skema diatas ataupun yang belum kami cantumkan, anda bisa:

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi:

CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

Persyaratan Peserta Sertifikasi Profesi Bidang Teknologi Informasi

Secara umum setiap skema memiliki persyaratan dasar yang hampir sama. Misal untuk minimal pendidikan, sebagian mencantumkan minimal pendidikan adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ada juga yang minimal pendidikan adalah Diploma 3 (D3). Hingga minimal pendidikan adalah Strata 1 atau S1.

Namun, syarat pendidikan tersebut diatas tidak selalu mengikat apabila calon peserta memang memiliki pengalaman dan kemampuan dalam bidang profesi/skema yang ditentukan. Bisa juga salah satu syarat dasar adalah memiliki sertifikat pelatihan berbasis kompetensi yang sesuai dengan Skema yang dipilih. Selain itu, pengalaman/portofolio kerja minimal 1 tahun berkelanjutan pada lingkup yang sesuai dengan Skema yang dipilih, juga bisa memenuhi persyaratan dasar.

Pada prinsipnya memang calon peserta sertifikasi adalah yang sudah mampu melaksanakan pekerjaannya sesuai skema yang dipilih. Pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh Ferdi Training Center bukanlah pelatihan teknis dari dasar. Namun pelatihan yang memang menyelaraskan pekerjaan dan pengalaman kerja calon peserta sertifikasi dengan SKKNI dan Unit-unit Kompetensi yang menjadi ketentuan.

Cara Mengikuti dan Mendapatkan Sertifikat Profesi di Bidang IT

  • Organisasi atau perorangan bisa mendaftarkan calon peserta melalui Ferdi Training Center dan Lembaga Diklat Profesi. Setelah proses verifikasi calon peserta berhasil, mereka akan dihubungi dan diundang sesuai dengan jadwal program yang telah ditetapkan.
  • Program ini terdiri dari beberapa tahap, termasuk kajian materi berdasarkan kompetensi, tahap pra-assessment, dan tahap assessment. Saat pelaksanaan pelatihan, metode pembelajaran yang digunakan melibatkan diskusi interaktif yang biasanya diterapkan pada orang dewasa.
  • Pelaksanaan Uji Kompetensi akan dilakukan oleh seorang Asesor yang berasal dari LSP setelah peserta menerima panduan dari seorang pelatih yang memiliki kompetensi di bidangnya.
  • Asesor akan memberikan rekomendasi apakah peserta dinyatakan Kompeten (K) atau belum Kompeten (BK) berdasarkan portofolio dan bukti yang dikumpulkan oleh peserta selama proses asesmen
  • Kemudian, Lembaga Sertifikasi Profesi akan melakukan analisis dan diskusi berdasarkan hasil asesmen dan bukti yang telah terkumpul untuk menetapkan keputusan akhir terkait hasil peserta.
  • LSP akan mengeluarkan Sertifikat Kompetensi sesuai Skema yang dipilih bagi peserta uji kompetensi yang berhasil dinyatakan Kompeten dalam semua unit kompetensi yang diujikan.

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi:

CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *