sertifikasi junior web programmer

Sertifikasi Junior Web Programmer BNSP

SERTIFIKASI JUNIOR WEB PROGRAMMER – Profesi Junior Web Programmer merupakan salah satu profesi yang semakin penting dalam era digital saat ini. Dalam dunia yang terus berkembang secara teknologi, website telah menjadi salah satu aspek utama dalam berkomunikasi, berbisnis, dan menyampaikan informasi. Oleh karena itu, Junior Web Programmer memiliki peran yang sangat krusial dalam membangun dan menjaga kinerja website yang optimal. Mereka bertanggung jawab atas pengembangan, pemeliharaan, serta peningkatan fungsionalitas website, yang memungkinkan organisasi untuk tetap bersaing dan berinovasi dalam lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat.

Namun, pentingnya peran Junior Web Programmer tidak hanya terletak pada permintaan pasar yang tinggi, tetapi juga pada kebutuhan akan standar kualitas yang tinggi dalam industri ini. Itulah mengapa Program Sertifikasi Junior Web Programmer oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menjadi sangat relevan. Sertifikasi ini membantu memastikan bahwa para profesional dalam bidang ini memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan untuk berhasil dan berkontribusi secara maksimal dalam pekerjaan mereka. Dengan sertifikasi ini, perusahaan dan organisasi dapat dengan percaya diri mempekerjakan Junior Web Programmer yang terampil dan teruji kompetensinya, sementara para profesional dapat meningkatkan prospek karier mereka dan meningkatkan kepercayaan diri dalam menjalani tugas sehari-hari mereka.

Melalui Program Sertifikasi Junior Web Programmer BNSP, kita dapat menjembatani kesenjangan antara kebutuhan industri akan tenaga kerja terampil dan profesionalisme dalam bidang ini. Sertifikasi ini tidak hanya menguntungkan individu yang memilih karier dalam pengembangan web, tetapi juga memajukan industri teknologi informasi secara keseluruhan dengan menjamin bahwa para Junior Web Programmer memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan standar yang diakui secara nasional. Dengan mengikuti program ini, kita dapat memastikan bahwa para profesional dalam bidang ini dapat memberikan kontribusi yang berharga dalam era digital yang terus berkembang.

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi Program ini:

CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

Standarisasi Profesi Melalui Program Sertifikasi Junior Web Programmer BNSP

BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) telah merancang dan menyiapkan panduan standar untuk beragam profesi. Hal ini bertujuan agar para profesional di Indonesia memiliki kualifikasi yang optimal dan mampu bersaing di pasar global yang semakin ketat. Langkah ini diwujudkan dalam bentuk serangkaian penjelasan tentang kemampuan kerja yang disebut Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Perwujudan dari inisiatif ini adalah pedoman SKKNI untuk standar profesi Junior Web Programmer. Pedoman tersebut disusun berdasarkan prinsip-prinsip yang telah ditetapkan dalam rangka mencapai kualitas dan kompetensi yang diakui secara nasional.

Standarisasi Profesi Junior Web Programmer ini termaktub dalam:

  • Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 285 Tahun 2016 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Informasi dan Komunikasi Golongan Pokok Aktivitas Pemograman, Konsultasi Komputer dan Kegiatan Yang Berhubungan Dengan Itu (YBDI) Bidang Software Development SubBidang Pemrograman

Tujuan Program Pelatihan dan Sertifikasi Junior Web Programmer BNSP

Tujuan dari Program Sertifikasi Junior Web Programmer BNSP adalah untuk memberikan standar yang jelas dan terukur terkait dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang Junior Web Programmer yang kompeten. Dengan adanya sertifikasi ini, kami bertujuan untuk mencapai beberapa tujuan utama:

  1. Menjamin Kualitas Profesionalisme: Sertifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa para Junior Web Programmer memiliki pemahaman mendalam tentang konsep-konsep dasar dan perkembangan terbaru dalam pengembangan web. Ini membantu memastikan bahwa profesional ini dapat menjalankan tugas-tugas mereka dengan tingkat kualitas yang konsisten dan tinggi.
  2. Mendorong Pengembangan Karier: Program sertifikasi ini juga bertujuan untuk membantu individu yang memilih jalur karier dalam pengembangan web untuk meraih prestasi lebih tinggi. Sertifikasi ini dapat menjadi landasan yang kuat untuk peningkatan karier, memungkinkan profesional untuk memperebutkan pekerjaan yang lebih baik dan berpotensi mendapatkan gaji yang lebih baik.
  3. Meningkatkan Kepercayaan Diri: Dengan memiliki sertifikasi yang diakui oleh BNSP, para Junior Web Programmer dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menangani proyek-proyek web yang kompleks dan tugas-tugas yang menuntut. Ini membantu mereka untuk terus belajar dan berkembang dalam bidang ini.
  4. Memberikan Keuntungan Bersaing: Profesi pengembangan web sangat kompetitif, dan sertifikasi ini dapat memberikan keuntungan kompetitif kepada para profesional. Perusahaan dan organisasi akan lebih mungkin untuk mempekerjakan atau mempromosikan mereka yang telah terbukti memiliki kompetensi yang diperlukan.
  5. Mengikuti Perkembangan Teknologi: Program sertifikasi ini juga akan selalu diperbarui sesuai dengan perkembangan teknologi dan tren dalam industri web. Hal ini membantu memastikan bahwa para Junior Web Programmer selalu up-to-date dengan teknologi terkini, yang sangat penting dalam lingkungan kerja yang selalu berubah.

Dengan demikian, Program Sertifikasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan, baik bagi individu yang mengambil sertifikasi ini maupun bagi industri teknologi informasi secara keseluruhan dengan menetapkan standar kualitas yang tinggi untuk profesi Junior Web Programmer.

Materi Program Pelatihan dan Sertifikasi Junior Web Programmer BNSP

Sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), materi Pelatihan Berbasis Kompetensi akan mempersiapkan peserta untuk bisa memahami Unit-Unit Kompetensi yang akan menjadi materi uji kompetensi.

  1. J.620100.017.02: Mengimplementasikan Pemrograman Terstruktur
  2. J.620100.023.02: Membuat Dokumen Kode Program
  3. J.620100.004.02: Menggunakan Struktur Data
  4. J.620100.019.02: Menggunakan Library atau Komponen Pre Existing
  5. J.620100.025.02: Melakukan Debugging
  6. J.620100.005.01: Mengimplementasikan user interface
  7. J.620100.016.01: Menulis Kode Dengan Prinsip Sesuai Guidelines dan Best Practices
  8. J.620100.011.01: Melakukan instalasi software tools pemrograman

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi Program ini:

CHAT WA sertifikasi junior web programmer FERDI TRAINING CENTER

Instruktur Pelatihan dan Asesmen

Para Ahli Bidang Web Programming dan Asesor yang kompeten dari organisasi pendukung dan yang direkomendasikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi

Persyaratan Dasar Calon Peserta Program

  • Minimal telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau sederajat; Atau
  • Memiliki sertifikat pelatihan berbasis kompetensi yang sesuai dengan Skema Sertifikasi Junior Web Programmer; Atau
  • Telah berpengalaman kerja pada lingkup yang sesuai dengan Skema Sertifikasi Junior Web Programmer minimal 1 tahun secara berkelanjutan;

Persyaratan Sertifikasi

Peserta uji kompetensi harus melengkapi persyaratan yang sesuai dengan Skema Sertifikasi Junior Web Programmer yang meliputi:

1. Melengkapi isian formulir permohonan (FR-APL01) dan formulir asesmen mandiri (FRAPL02): Sebelum Uji Kompetensi

2. Menyerahkan persyaratan uji kompetensi

  • Pas foto 3×4 (3 lembar).
  • Copy identitas diri KTP/KK (1 lembar).
  • Photocopy ijazah terakhir (1 lembar).
  • Copy sertifikat yang relevan dengan Skema Sertifikasi Junior Web Programmer, bila ada.
  • CV pengalaman / keterangan kerja yang relevan dengan Skema Sertifikasi Junior Web Programmer, bila ada.
  • Portofolio yang relevan dengan Skema tersebut diatas, bila ada.

Proses Pelaksanaan Program Pelatihan dan Sertifikasi

  • Perusahaan/Perseorangan bisa mendaftarkan calon peserta melalui Ferdi Training Center dan Lembaga Diklat Profesi. Selanjutnya apabila telah terverifikasi calon peserta bisa mengikuti, kami akan menghubungi dan mengundang anda sesuai jadwal program
  • Kegiatan dalam Program ini ada beberapa tahap mulai dari kajian materi berbasis kompetesi, pra-assessment dan assessment. Pada saat training, aktivitas pembelajaran menggunakan metode diskusi interaktif yang biasa dilakukan untuk orang dewasa.
  • Pelaksanaan Uji Kompetensi dilaksanakan oleh Asesor dari LSP setelah peserta mendapatkan pembekalan dari trainer yang kompeten.
  • Asesor akan memberikan rekomendasi apakah peserta Kompeten (K) atau Belum Kompeten (BK), sesuai dengan portofolio dan bukti yang dikumpulkan dari peserta selama assessment.
  • Pihak Lembaga Sertifikasi Profesi kemudian melalukan kajian dan pembahasan berdasarkan proses asesmen dan bukti yang telah dikumpulkan untuk menetapkan keputusan hasil peserta.
  • LSP kemudian akan menerbitkan Sertifikat Kompetensi Skema Sertifikasi Junior Web Programmer BNSP bagi peserta uji kompetensi yang dinyatakan Kompeten di semua unit kompetensi yang diujikan.

Jadwal Pelaksanaan Program

  • Tanggal: Kontak Kami Untuk Mendapatkan Update Jadwal Terbaru
  • Waktu Pembinaan: Setiap Hari Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Tempat: Training Center Lembaga Diklat Profesi di Yogyakarta Atau Kota Tertentu Sesuai Kuota Peserta (Kami Merekomendasikan Training dan Sertifikasi Online)

Program ini secara reguler kami laksanakan beberapa kali setiap tahun. Apabila anda membaca informasi ini sudah lewat dari jadwal tersebut diatas, silahkan hubungi kami untuk mendapatkan jadwal terbaru. Termasuk jika anda ingin menyelenggarakan Program Inhouse Training. Kami bisa merancang dan mendiskusikan rencana pembinaan ini didalam perusahaan anda.

Fasilitas Program 

  • Training kit (Offline)
  • Soft copy Materi dan Modul training
  • Sertifikat dari BNSP ( Badan Nasional Sertifikasi Profesi )
  • Souvenir (Offline)
  • Coffee Break 2x and Lunch (Offline)
  • Penjemputan Kedatangan (Khusus Peserta Luar Kota dan jika pelaksanaan di Yogyakarta) (Offline)

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi Program ini:

CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

Manfaat Mengikuti Program Sertifikasi Junior Web Programmer dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)

Dalam era digital yang terus berkembang, peran seorang Junior Web Programmer menjadi semakin penting. Mereka adalah tulang punggung dalam pengembangan dan pemeliharaan website, yang merupakan komponen vital dalam berbisnis, berkomunikasi, dan menyampaikan informasi. Di tengah tuntutan pasar yang semakin meningkat, menjalani Program Sertifikasi Junior Web Programmer dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) adalah langkah cerdas yang dapat membawa berbagai manfaat signifikan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa manfaat utama yang dapat Anda nikmati dengan mengikuti program sertifikasi ini.

1. Standar Kompetensi yang Tinggi:

Program Sertifikasi Junior Web Programmer BNSP menetapkan standar kompetensi yang tinggi bagi para profesional dalam bidang ini. Ini berarti Anda akan diuji terkait dengan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang diperlukan untuk menjadi seorang Junior Web Programmer yang sukses. Dengan mengikuti program ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki dasar yang kuat dan pemahaman mendalam tentang pengembangan web.

2. Peningkatan Karier:

Sertifikasi BNSP adalah pengakuan resmi yang diakui di seluruh industri. Ini dapat membuka pintu untuk peluang karier yang lebih baik. Banyak perusahaan mencari profesional yang telah mengikuti program sertifikasi ini karena mereka dianggap lebih kompeten dan dapat diandalkan. Dengan memiliki sertifikasi ini, Anda akan meningkatkan prospek karier Anda dan dapat bersaing dengan lebih baik dalam dunia kerja yang kompetitif.

3. Kepercayaan Diri yang Lebih Besar:

Mengikuti program sertifikasi memberikan Anda pemahaman yang lebih dalam tentang bidang Anda. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang konsep dan praktik terbaik dalam pengembangan web, Anda akan menjadi lebih percaya diri dalam menangani proyek-proyek yang kompleks. Kepercayaan diri ini akan membantu Anda menjadi seorang yang lebih produktif dan efisien dalam pekerjaan Anda.

4. Peningkatan Pengakuan Profesional:

Sertifikasi BNSP adalah bentuk pengakuan profesional yang dapat meningkatkan reputasi Anda di mata rekan kerja, atasan, dan klien. Ini menunjukkan bahwa Anda adalah seorang yang berkomitmen untuk meningkatkan diri dan memenuhi standar industri yang tinggi. Peningkatan pengakuan ini dapat membantu Anda membangun jaringan yang kuat dan memperluas peluang bisnis Anda.

5. Up-to-Date dengan Teknologi Terkini:

Industri pengembangan web terus berubah dengan cepat. Melalui program sertifikasi BNSP, Anda akan terus diperbarui dengan perkembangan teknologi terbaru dalam bidang ini. Ini akan memastikan bahwa Anda selalu memiliki pengetahuan yang relevan dan dapat mengikuti tren industri.

Dalam keseluruhan, mengikuti Program Sertifikasi Junior Web Programmer dari BNSP adalah investasi dalam masa depan Anda sebagai seorang profesional dalam bidang pengembangan web. Ini membantu Anda meningkatkan kualifikasi Anda, memperluas peluang karier, dan memberikan Anda kepercayaan diri yang lebih besar dalam menjalankan tugas-tugas Anda. Jadi, jika Anda bercita-cita menjadi seorang Junior Web Programmer yang sukses, pertimbangkan untuk mengikuti program sertifikasi ini untuk mengambil langkah pertama menuju kesuksesan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *