sertifikasi data analyst indonesia

Sertifikasi Data Analyst Indonesia BNSP

Sertifikasi Data Analyst Indonesia BNSP – Setiap hari semakin banyak data yang dihasilkan dari penggunaan teknologi informasi yang semakin maju dengan jumlah yang tak terbayangkan. Semua hal daring baik konten tulisan, video, audio, gambar dan lain sebagainya telah berubah menjadi sejumlah besar data yang bisa menjadi bahan analisis untuk kebutuhan wawasan bisnis. Termasuk proses bisnis dalam perusahaan dan organisasi tentunya akan menjadi data besar dan kompleks dalam periode tertentu.

Sekali lagi data sebagai sumber informasi mentah bisa diolah dengan berbagai cara dalam proses analisis sehingga lebih banyak menghasilkan insight kuat untuk organisasi. Namun analisis data juga bukan hal yang sepele dan tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Butuh ketajaman seorang analis data yang terampil dan inovatif sehingga bisa menemukan cara berbeda untuk mengkaji kumpulan data yang tampak biasa menjadi istimewa.

Seorang analis data mampu mengulas data dan melakukan identifikasi kunci utama data dan menjadikan data untuk menyelesaikan masalah. Mereka juga mampu menerjemahkan informasi tersebut dan mengkomunikasikannya kepada manajemen bisnis dan pemangku kepentingan lainnya.

Hal tersebut yang membuat seorang analis data memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan kesuksesan sebuah organisasi bisnis. Tentu saja dengan pertumbuhan teknologi informasi seperti telah disebutkan diatas, organisasi yang menggunakannya akan membutuhkan seorang analis data profesional yang paham dengan pekerjaannya. Kebutuhan akan profesi ini semakin meningkat pastinya.

Namun latar belakang edukasi, kualitas pribadi dan kompetensi para analis data cenderung berbeda. Sedangkan tuntutan pasar kerja global memiliki standar khusus bagi setiap profesi. Tidak terkecuali profesi analis data.

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi Program ini:

CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

Standarisasi Profesi Data Analyst Melalui Program Sertifikasi Data Analyst Indonesia

Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi telah merancang dan mempersiapkan standarisasi berbagai bidang profesi. Agar kualitas pekerja profesional Indonesia memiliki standar terbaik tentunya untuk bersaing di era pasar global. Hal tersebut dibentuk dalam sebuah kumpulan rumusan kemampuan kerja yang disebut sebagai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia atau SKKNI.

Maka standarisasi profesi Data Analyst ini juga mengacu pada SKKNI berdasarkan pada:

  1. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2015 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Informasi dan Komunikasi Golongan Pokok Kegiatan Jasa Informasi Bidang Pengelolaan Pusat Data
  2. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 285 Tahun 2016 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Informasi dan Komunikasi Golongan Pokok Aktivitas Pemograman, Konsultasi Komputer dan Kegiatan Yang Berhubungan Dengan Itu (YBDI) Bidang Computer Technical Support
  3. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2018 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Informasi dan Komunikasi Golongan Pokok Aktivitas Jasa Informasi Bidang Pengoperasian Komputer

Standarisasi ini kemudian dilaksanakan dengan kerjasama banyak pihak. Salah satunya adalah Ferdi Training Center dan Lembaga Diklat Profesi. Kami bekerja dalam bidang pengembangan sumber daya manusia melalui program-program pelatihan dan sertifikasi. Bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang bernaung dibawah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) kami menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Data Analyst Indonesia sesuai SKKNI.

Kami siap mendukung organisasi anda yang berusaha memiliki profesional dalam bidang data analyst demi kemajuan bisnis dan industri anda. Pastikan anda mengirimkan SDM terbaik untuk mengikuti Program Sertifikasi Data Analyst bersama kami. Hubungi kami segera.

Tujuan Program Pelatihan dan Sertifikasi Data Analyst Indonesia

Program Pelatihan dan Sertifikasi Data Analyst Indonesia ini diselenggarakan dengan tujuan:

  1. Memenuhi kebutuhan industri dan SDM nasional akan profesi data analyst yang sesuai dengan standar kerja profesional
  2. Agar peserta mendapat pengakuan dalam kompetensi bidang data analyst sesuai SKKNI dan Unit-unit Kompetensi dalam Skema Data Analyst
  3. Peserta mendapatkan Sertifikat Kompetensi

Materi Program Pelatihan dan Sertifikasi Data Analyst Indonesia

Materi training yang akan disampaikan dalam program ini tentunya sesuai dengan Unit-unit Kompetensi yang kemudian akan diujikan dalam sesi asesmen. Daftar Unit Kompetensi Skema Data Analyst adalah sebagai berikut:

  1. Merancang spesifikasi sesuai dengan fungsi dan kebutuhan pengguna – J.620900.004.02
  2. Melakukan backup data dan sistem – J.620900.033.02
  3. Menetapkan kebutuhan pengelolaan pusat data untuk organisasi – J.631100.001.01
  4. Menetapkan standar dan acuan praktik terbaik yang akan dipergunakan – J.631100.002.01
  5. Menggunakan aplikasi berbasis internet (Internet Based Applications Literacy) – J.63OPR00.009.2
  6. Memastikan validitas data – J.63OPR00.015.2
  7. Mengidentifikasi aspek keamanan informasi pengguna – J.63OPR00.016.2
  8. Memastikan keamanan informasi pengguna – J.63OPR00.017.2

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi Program ini:

CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

Instruktur Pelatihan

  • Para pakar yang kompeten dari organisasi pendukung dan yang direkomendasikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi

Persyaratan Dasar Peserta

Peserta uji kompetensi harus melengkapi persyaratan yang sesuai dengan Skema Sertifikasi Data Analyst yang meliputi:

1. Melengkapi isian formulir permohonan (FR-APL01) dan formulir asesmen mandiri (FRAPL02): Sebelum Uji Kompetensi

2. Menyerahkan persyaratan uji kompetensi

  • Pas foto 3×4 (3 lembar).
  • Copy identitas diri KTP/KK (1 lembar).
  • Photocopy ijazah terakhir (1 lembar).
  • Copy sertifikat yang relevan dengan Skema Sertifikasi Data Analyst, bila ada.
  • CV pengalaman / keterangan kerja yang relevan dengan Skema Sertifikasi Data Analyst, bila ada.
  • Portofolio yang relevan dengan Skema Sertifikasi Data Analyst, bila ada.

Proses Pelaksanaan Program Pelatihan dan Sertifikasi Data Analyst Indonesia

  • Perusahaan/Perseorangan bisa mendaftarkan calon peserta melalui Ferdi Training Center dan Lembaga Diklat Profesi. Selanjutnya apabila telah terverifikasi calon peserta bisa mengikuti, kami akan menghubungi dan mengundang anda sesuai jadwal program
  • Kegiatan dalam Program ini ada beberapa tahap mulai dari kajian materi berbasis kompetesi, pra-assessment dan assessment. Pada saat training, aktivitas pembelajaran menggunakan metode diskusi interaktif yang biasa dilakukan untuk orang dewasa.
  • Pelaksanaan Uji Kompetensi dilaksanakan oleh Asesor dari LSP setelah peserta mendapatkan pembekalan dari trainer yang kompeten.
  • Asesor akan memberikan rekomendasi apakah peserta Kompeten (K) atau Belum Kompeten (BK), sesuai dengan portofolio dan bukti yang dikumpulkan dari peserta selama assessment.
  • Pihak Lembaga Sertifikasi Profesi kemudian melalukan kajian dan pembahasan berdasarkan proses asesmen dan bukti yang telah dikumpulkan untuk menetapkan keputusan hasil peserta.
  • LSP kemudian akan menerbitkan Sertifikat Kompetensi Skema Sertifikasi Data Analyst bagi peserta uji kompetensi yang dinyatakan Kompeten di semua unit kompetensi yang diujikan.

Jadwal Pelaksanaan Program

  • Tanggal: Kontak Kami Untuk Mendapatkan Update Jadwal Terbaru
  • Waktu Pembinaan: Setiap Hari Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Tempat: Training Center Lembaga Diklat Profesi di Yogyakarta Atau Kota Tertentu Sesuai Kuota Peserta (Kami Merekomendasikan Training dan Sertifikasi Online)

Program ini secara reguler kami laksanakan beberapa kali setiap tahun. Apabila anda membaca informasi ini sudah lewat dari jadwal tersebut diatas, silahkan hubungi kami untuk mendapatkan jadwal terbaru. Termasuk jika anda ingin menyelenggarakan Program Inhouse Training. Kami bisa merancang dan mendiskusikan rencana pembinaan ini didalam perusahaan anda.

Fasilitas Program 

  • Training kit (Offline)
  • Soft copy Materi dan Modul training
  • Sertifikat dari BNSP ( Badan Nasional Sertifikasi Profesi )
  • Souvenir (Offline)
  • Coffee Break 2x and Lunch (Offline)
  • Penjemputan Kedatangan (Khusus Peserta Luar Kota dan jika pelaksanaan di Yogyakarta) (Offline)

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi Program ini:

CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *