sertifikasi teknisi pusat data

Sertifikasi Teknisi Pusat Data

Sertifikasi Teknisi Pusat Data Muda – Bisnis dan teknologi, khususnya teknologi informasi, adalah seperti dua mata uang yang tidak bisa terpisahkan. Perkembangannya selama kurun waktu beberapa puluh tahun terakhir sangat signifikan. Sinergi keduanya telah begitu banyak memberikan kemajuan, hal-hal yang tidak kita bayangkan sebelumnya dan dorongan inovasi tanpa batas.

Teknologi informasi selalu hadir dengan solusi untuk pengembangan bisnis dan hasrat akselerasi memenuhi banyak kebutuhan manusia. Maka dunia usaha telah melakukan investasi besar-besaran untuk memaksimalkan infrastruktur teknologi informasi demi keunggulan kompetitif organisasinya.

Mereka yang berhasil adalah yang mampu melakukan inovasi terbaik, melakukan efisiensi anggaran, menyederhanakan proses bisnis dan menekan kapasitas berlebihan.

Salah satu modal besar untuk menyokong inovasi teknologi informasi dalam bisnis adalah infrastruktur perangkat keras dan piranti lunak. Tentunya bisnis akan mengelola resources inovasinya dalam pusat data. Sebuah fasilitas untuk seluruh aktivitas operasional teknologi informasi dengan seluruh kelengkapannya. Ini adalah lingkungan penting untuk penyimpanan, pengelolaan dan penyebarluasan data bisnis.

Maka menjadi keniscayaan bahwa pusat data dan penyedia komputasi awan harus dikelola dengan cara profesional. Salah satu faktor pentingnya adalah sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dengan tugas dan tanggungjawabnya dalam mengelola pusat data. Risiko besar bisa terjadi tanpa SDM khusus yang benar-benar berkualitas untuk tugas tersebut. Kehilangan pelanggan atau pengguna adalah akibat yang sangat mungkin terjadi. Lebih buruk lagi adalah kehilangan data krusial organisasi/perusahaan/industri.

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi Program ini:

CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

Mempersiapkan SDM Pusat Data Dengan Sertifikasi Teknisi Pusat Data Muda

Seperti telah kita kaji diatas bahwasannya data center memang harus memiliki infrastruktur terbaik. Namun bukan itu saja, SDM yang merancang, mengelola dan mengoperasikan pusat data adalah faktor yang sangat penting.

Bisnis sungguh membutuhkan ketersediaan SDM profesional yang kompeten dan handal serta ahli dalam mengelola sebuah pusat data. Hal tersebut akan menciptakan kondisi infrastruktur teknologi informasi sebuah organisasi terjamin kualitasnya dan terpelihara dengan baik. Salah satu SDM tersebut adalah Profesi Teknisi Pusat Data atau Teknisi Data Center.

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia telah menetapkan ukuran kompetensi bagi mereka yang bekerja dalam bidang pengelolaan pusat data. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kepmenaker RI) Nomor 45 Tahun 2015.

sertifikasi data center

Kepmenaker ini menuangkan Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Kategori Informasi dan Komunikasi. Golongan Pokok Kegiatan Jasa Informasi Bidang Pengelolaan Pusat Data. SKKNI inilah yang bisa menjadi ukuran atas kemampuan kerja yang meliputi aspek pengetahuan, skill, keahlian dan sikap kerja seorang Teknisi Data Center yang berkualitas.

Ferdi Training Center dan Lembaga Diklat Profesi (LDP) menghadirkan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Sertifikasi Teknisi Pusat Data Muda. Tentu saja program tersebut kami hadirkan sebagai usaha membantu organisasi anda mendapatkan SDM Teknisi Pusat Data yang berkualitas dan diakui kompetensinya oleh negara sesuai SKKNI yang ditetapkan.

Pastikan organisasi anda terlibat dan mengirimkan personil terbaik anda untuk mendapatkan validasi kompetensi sebagai seorang Teknisi Pusat Data Jenjang Muda.

Tujuan Pelatihan dan Sertifikasi Teknisi Pusat Data Muda

Program ini tentunya kami selenggarakan untuk memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada para peserta yang memenuhi persyaratan, agar mereka mampu mengelola:

  • aktivitas pelaksanaan pusat data harian
  • daur hidup peralatan dan perangkat data center
  • aktivitas pemeliharaan pusat data
  • keselamatan kerja
  • keamanan fisik data center
  • aktivitas pembersihan pusat data

    Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi Program ini:

    CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

Materi Pelatihan dan Sertifikasi Teknisi Pusat Data Muda

Materi dalam program ini akan berbasis pada Unit-Unit Kompetensi yang akan diujikan dalam proses Asesmen. Berikut daftar unit kompetensi sebagai materi program:

  1. J.631100.011.01 – Mengelola kegiatan operasi pusat data harian
  2. J.631100.013.01 – Mengelola siklus hidup peralatan dan perangkat pusat data
  3. J.631100.014.01 – Mengelola kegiatan perawatan pusat data
  4. J.631100.009.01 – Mengelola Keselamatan Kerja
  5. J.631100.010.01 – Mengelola Keamanan Fisik Pusat Data
  6. J.631100.012.01 – Mengelola Kegiatan Pembersihan Pusat Data

Instruktur Pelatihan

  • Tim Ahli dari Asosiasi Pendukung Lembaga Sertifikasi Profesi

sertifikasi teknisi pusat data

Metode Pelaksanaan Program

Program ini terdiri dari rangkaian aktivitas mulai dari kajian materi berbasis kompetesi, pra-assessment dan assessment. Pada saat training, aktivitas pembelajaran menggunakan metode diskusi interaktif yang biasa dilakukan untuk orang dewasa.

Pelaksanaan Assessment dilaksanakan oleh Asesor dari LSP setelah peserta mendapatkan pembekalan dari trainer yang kompeten.

Persyaratan Dasar Peserta

  • Minimal telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau sederajat; Atau
  • Memiliki sertifikat pelatihan berbasis kompetensi yang sesuai dengan Skema Sertifikasi Teknisi Pusat Data Muda; Atau
  • Telah berpengalaman kerja pada lingkup yang sesuai dengan Skema Sertifikasi Teknisi Pusat Data Muda minimal 1 tahun secara berkelanjutan;

Persyaratan Sertifikasi Peserta

  • Pas foto 3×4 (3 lembar).
  • Copy identitas diri KTP/KK (1 lembar).
  • Copy ijazah terakhir (1 lembar).
  • Copy sertifikat yang relevan dengan Skema Teknisi Pusat Data Muda, bila ada.
  • CV pengalaman / keterangan kerja yang relevan dengan Skema Teknisi Pusat Data Muda, bila ada.
  • Portofolio yang relevan dengan Skema Sertifikasi Teknisi Pusat Data Muda, bila ada.

Jadwal Pelaksanaan Program

  • Tanggal: Silahkan Hubungi Kami Untuk Mendapatkan Update Jadwal Terbaru
  • Waktu Pembinaan: Setiap Hari Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Tempat: Training Center Lembaga Diklat Profesi di Yogyakarta Atau Kota Tertentu Sesuai Kuota Peserta

Program Sertifikasi Teknisi Pusat Data ini secara reguler kami laksanakan beberapa kali setiap tahun. Apabila anda membaca informasi ini sudah lewat dari jadwal tersebut diatas, silahkan hubungi kami untuk mendapatkan jadwal terbaru. Termasuk jika anda ingin menyelenggarakan Program Inhouse Training. Kami bisa merancang dan mendiskusikan rencana pembinaan ini didalam perusahaan anda.

Fasilitas Program

  • Training kit
  • Soft copy Materi dan Modul training
  • Sertifikat dari BNSP ( Badan Nasional Sertifikasi Profesi )
  • Souvenir
  • Coffee Break 2x and Lunch
  • Penjemputan Kedatangan (Khusus Peserta Luar Kota dan jika pelaksanaan di Yogyakarta)

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi Program ini:

CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

Leave a Reply

Your email address will not be published.