pelatihan dan pengembangan sdm

Pelatihan dan Pengembangan SDM Sebagai Faktor Penting Perusahaan

Pertumbuhan cepat dunia korporasi tentunya membutuhkan fungsi pelatihan dan pengembangan SDM (sumber daya manusia) yang optimal. Tanpa SDM berkualitas maka akan sulit bagi organisasi untuk bersaing ketat. Sayangnya masih banyak perusahaan menganggap pelatihan bersifat mahal sehingga tidak memprioritaskan anggarannya. Termasuk bagi mereka karyawan yang mengikuti pelatihan akan menunda penyelesaian proyek karena waktu kerja yang berkurang.

Pelatihan dan pengembangan SDM yang tepat sebenarnya bisa menjadi strategi efektif perusahaan. Karyawan bisa memperkuat kompetensi yang sudah ada, mendapatkan skill baru, meningkatkan produktivitas dan berkinerja lebih baik. Terlepas dari kekurangannya, berikut adalah beberapa alasan yang menyatakan pentingnya pelatihan dan pengembangan SDM.

Pelatihan dan Pengembangan SDM Penting Dalam Proses Rekrutmen Karyawan Baru

Program pelatihan menjadi keuntungan bagi karyawan baru. Tentunya selain memberikan informasi tentang perusahaan, pelatihan juga akan mempercepat proses bisnis perusahaan dan mengatas kesenjangan keterampilan kerja. Maka pelatihan bisa menajdi peluang potensial untuk menghasilkan keuntungan dan waktu yang berharga. Sesi orientasi yang tepat mendorong kepercayaan karyawan dan meningkatkan retensi karyawan.

Mengatasi kekurangan

Tidak ada orang yang sempurna. Setiap orang memiliki beberapa kelemahan sehingga pelatihan dan pengembangan membantu mereka untuk mengatasinya. Dengan penanganan yang benar, kemampuan karyawan menjadi lebih menyeluruh dan lebih terampil dalam setiap faktor pekerjaan mereka. Perusahaan bisa menyelenggarakan pelatihan khusus tergantung pada apa penugasan karyawan setiap harinya. Upaya ini akan mengurangi mata rantai kekurangan dalam perusahaan yang bergantung pada pihak lain dalam melaksanakan pekerjaannya.

Peningkatan konsistensi karyawan

Program pelatihan dan pengembangan terstruktur adalah cara untuk memastikan konsistensi karyawan akan terus meningkat. Pelatihan reguler akan memastikan bahwa semua karyawan memiliki pengalaman yang konsisten dan pengetahuan yang konsisten tentang prosedur dan tugas. Maka ketika sudah dipastikan demikian, akan melegakan organisasi dengan tugas yang bisa selesai tepat waktu dan tanpa masalah. Diskriminasi, keselamatan kerja dan tugas administrasi adalah beberapa aspek penting yang memerlukan pelatihan.

Kepuasan karyawan

Investasi dalam pelatihan dan pengembangan tidak pernah sia-sia karena umumnya mengarah pada kepuasan karyawan. Sebuah pelatihan harus memberikan pengetahuan yang bermanfaat. Perusahaan harus memastikan bahwa pelatihan tidak boleh membosankan dan membosankan, jika tidak karyawan akan menghadirinya hanya karena kewajiban saja. Jika karyawan puas, mereka pasti akan mencapai tujuan yang ditugaskan lebih cepat.

Self-driven

SDM dengan pelatihan yang tepat tidak lagi memerlukan pengawasan dan bimbingan terlalu ketat. Untuk membuat karyawan mengetahui teknologi baru, pelatihan adalah investasi yang tidak dapat dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan harus diubah menjadi lingkungan belajar di mana budaya belajar terus-menerus harus berlaku secara menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *