sertifikasi desain grafis bnsp

Sertifikasi Desain Grafis BNSP

Program Sertifikasi Desain Grafis BNSP bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi kompetensi para desainer grafis. Tujuan dari program ini adalah untuk memverifikasi bahwa para profesional dalam bidang desain grafis memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

Saat ini, peran Profesi Desainer Grafis menjadi semakin penting karena banyaknya perusahaan yang memerlukan kehadiran mereka. Terutama dalam menciptakan materi promosi, branding, serta konten pemasaran digital yang menarik dan informatif. Selain itu, pertumbuhan industri kreatif di Indonesia menjadi kontributor utama dalam perkembangan ekonomi negara. Permintaan yang terus meningkat terhadap konten visual, branding, dan pemasaran digital turut mendorong kebutuhan akan desainer grafis yang memiliki keahlian yang handal.

Program Sertifikasi Desain Grafis BNSP merupakan metode efektif untuk memverifikasi bahwa para desainer grafis memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan industri saat ini. Program ini mendukung peningkatan keterampilan desainer dalam menerapkan prinsip dasar desain, mengimplementasikan konsep dasar komunikasi, menguasai penggunaan perangkat lunak desain, serta menghasilkan karya desain yang menarik dan informatif. Melalui sertifikasi ini, para desainer grafis dapat membuktikan kompetensi mereka dan meningkatkan peluang karir di masa mendatang.

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi Program ini:

CHAT WA SERTIFIKASI DESAIN GRAFIS BNSP

Standarisasi Profesi Desainer Grafis Melalui Program Sertifikasi Desain Grafis BNSP

  • Standarisasi Kompetensi Desainer Grafis ini tentunya mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sebagai rumusan kemampuan kerja. SKKNI rujukan Profesi Desainer Grafis ini tertuang dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 301 Tahun 2016 Tentang Penetapan SKKNI Kategori Aktivitas Profesional Ilmiah dan Teknis, Golongan Pokok Aktivitas Profesional Ilmiah dan Teknis Lainnya Bidang Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual
  • Peta Okupasi Nomor : 172/KOMINFO/BLSDM/KS.01.07/7/2017. Skema ini digunakan sebagai acuan pada pelaksanaan asesmen oleh Asesor Kompetensi

Tujuan Program Sertifikasi Desain Grafis BNSP

  1. Menetapkan Standar Kompetensi: Membuat standar yang tinggi untuk menilai kompetensi para desainer grafis, memastikan bahwa mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam industri desain grafis.
  2. Menjamin Kualitas Profesionalisme: Memverifikasi bahwa para profesional desain grafis memahami serta menerapkan prinsip-prinsip dasar desain, konsep dasar komunikasi visual, dan mampu menggunakan perangkat lunak desain dengan baik.
  3. Respons terhadap Tuntutan Industri: Menyelaraskan pengetahuan dan keterampilan peserta dengan kebutuhan industri saat ini, termasuk dalam menciptakan konten visual yang menarik, branding, serta pemasaran digital yang efektif.
  4. Mendorong Pengembangan Kreativitas: Memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengeksplorasi kreativitasnya sambil memahami kebutuhan pasar dan meresponsnya melalui karya-karya desain yang inovatif dan informatif.
  5. Meningkatkan Peluang Karir: Memberikan pengakuan resmi terhadap kemampuan para desainer grafis, membuka peluang karir yang lebih luas serta meningkatkan kepercayaan diri dalam menawarkan jasa profesionalnya di pasar kerja.

junior graphic designer

PILIHAN SKEMA SERTIFIKASI KOMPETENSI DESAIN GRAFIS

A. SKEMA DESAINER GRAFIS MUDA

Materi Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi DESAINER GRAFIS MUDA:

  1. Mengaplikasikan prinsip dasar desain – M.74100.001.02
  2. Menerapkan prinsip dasar komunikasi – M.74100.002.02
  3. Menerapkan design brief – M.74100.005.02
  4. Mengoperasikan perangkat lunak desain – M.74100.009.02
  5. Menciptakan karya desain – M.74100.010.01
Persyaratan Dasar Calon Peserta Sertifikasi Kompetensi DESAINER GRAFIS MUDA
  • Siswa SMK Jurusan Desain Grafis atau,
  • Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, atau,
  • Memiliki sertifikat pelatihan sesuai ruang lingkup skema Desainer Grafis Muda atau,
  • Pekerja dengan pengalaman minimal selama 1 tahun di bidang Desainer Grafis Muda.

PILIH SKEMA DESAINER GRAFIS MUDA – Hubungi Kami:

CHAT WA SERTIFIKASI KOMPETENSI DESAINER GRAFIS MUDA

B. SKEMA DESAINER GRAFIS MADYA

Materi Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi DESAINER GRAFIS MADYA:

  1. Mengaplikasikan prinsip dasar desain – M.74100.001.02
  2. Menerapkan prinsip dasar komunikasi – M.74100.002.02
  3. Menerapkan design brief – M.74100.005.02
  4. Mengoperasikan perangkat lunak desain – M.74100.009.02
  5. Menciptakan karya desain – M.74100.010.01
  6. Menetapkan strategi desain – M.74100.007.01
  7. Menetapkan konsep desain – M.74100.008.02
  8. Mempersentasikan karya desain – M.74100.012.02
Persyaratan Dasar Calon Peserta Sertifikasi DESAINER GRAFIS MADYA
  • Minimal telah menyelesaikan pendidikan Minimal S1 Informastika/sederajat; Atau
  • Memiliki sertifikat pelatihan berbasis kompetensi pada Skema Desainer Grafis Madya; Atau
  • Telah berpengalaman kerja pada lingkup yang sesuai dengan Skema Desainer Grafis Madya minimal 1 tahun secara berkelanjutan;

PILIH SKEMA DESAINER GRAFIS MADYA – Hubungi Kami:

CHAT WA SERTIFIKASI DESAINER GRAFIS MADYA

cara menjadi content creator yang baik

Instruktur Program Pelatihan dan Sertifikasi

Para Ahli Bidang Desain Grafis dan Asesor yang kompeten dari organisasi pendukung dan yang direkomendasikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi

Persyaratan Uji Kompetensi

Peserta uji kompetensi harus melengkapi persyaratan yang sesuai dengan Skema DESAINER GRAFIS MUDA/DESAINER GRAFIS MADYA yang meliputi:

1. Melengkapi isian formulir permohonan (FR-APL01) dan formulir asesmen mandiri (FRAPL02): Sebelum Uji Kompetensi

2. Menyerahkan persyaratan uji kompetensi

  • Pas foto 3×4 (3 lembar).
  • Copy identitas diri KTP/KK (1 lembar).
  • Photocopy ijazah terakhir (1 lembar).
  • Copy sertifikat yang relevan dengan Skema DESAINER GRAFIS MUDA/DESAINER GRAFIS MADYA, bila ada.
  • CV pengalaman / keterangan kerja yang relevan dengan Skema DESAINER GRAFIS MUDA/DESAINER GRAFIS MADYA, bila ada.
  • Portofolio yang relevan dengan Skema DESAINER GRAFIS MUDA/DESAINER GRAFIS MADYA, bila ada.

Jadwal Pelaksanaan Program

  • Tanggal: Kontak Kami Untuk Mendapatkan Update Jadwal Terbaru
  • Waktu Pembinaan: Setiap Hari Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Tempat: Training Center Lembaga Diklat Profesi di Yogyakarta Atau Kota Tertentu Sesuai Kuota Peserta (Kami Merekomendasikan Training dan Sertifikasi Online)

Program ini secara reguler kami laksanakan beberapa kali setiap tahun. Apabila anda membaca informasi ini sudah lewat dari jadwal tersebut diatas, silahkan hubungi kami untuk mendapatkan jadwal terbaru. Termasuk jika anda ingin menyelenggarakan Program Inhouse Training. Kami bisa merancang dan mendiskusikan rencana pembinaan ini didalam perusahaan anda.

Fasilitas Program 

  • Training kit (Offline)
  • Soft copy Materi dan Modul training
  • Sertifikat dari BNSP ( Badan Nasional Sertifikasi Profesi )
  • Souvenir (Offline)
  • Coffee Break 2x and Lunch (Offline)
  • Penjemputan Kedatangan (Khusus Peserta Luar Kota dan jika pelaksanaan di Yogyakarta) (Offline)

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi Program ini:

kontak sertifikasi FERDI TRAINING CENTER

– insight – 

Membangun Karier dalam Bidang Desain Grafis: Kualitas dan Kompetensi yang Dibutuhkan

Profesi desainer grafis merupakan salah satu bidang yang terus berkembang dalam industri kreatif. Dibalik setiap karya visual yang memukau, terdapat kompetensi yang kuat serta dedikasi yang tinggi dari para desainer grafis. Mari kita telaah lebih dalam tentang kualitas dan kompetensi yang diperlukan serta bagaimana mencapai level terbaik dalam bidang ini.

graphic designer indonesia certification

Profil Profesi Desainer Grafis

Desainer grafis adalah individu kreatif yang menggabungkan seni visual dengan teknologi untuk menciptakan berbagai bentuk komunikasi visual. Mereka bertanggung jawab dalam menciptakan identitas merek, desain promosi, layout media cetak maupun digital, dan masih banyak lagi. Profesi ini membutuhkan kombinasi antara kreativitas, pengetahuan teknis, dan pemahaman akan kebutuhan klien.

Kualitas dan Kompetensi Seorang Desainer Grafis

  1. Kreativitas yang Luwes: Seorang desainer grafis harus memiliki daya pikir yang kreatif dan inovatif. Kemampuan untuk berpikir di luar kotak dan menciptakan solusi visual yang unik merupakan aspek penting.
  2. Keterampilan Teknis: Behasa dalam menggunakan perangkat lunak desain seperti Adobe Illustrator, Photoshop, InDesign, dan lainnya adalah suatu keharusan. Selain itu, pemahaman tentang prinsip desain, tipografi, dan komposisi visual juga sangat diperlukan.
  3. Kemampuan Komunikasi: Seorang desainer grafis harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan klien, tim, atau audiensnya. Kemampuan menjelaskan konsep desain secara jelas dan menerima umpan balik dengan terbuka sangatlah penting.
  4. Kemauan Belajar: Industri desain grafis terus berkembang. Seorang desainer yang sukses harus memiliki dorongan untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan terbaru dalam teknologi dan desain.

Mencapai Kualitas dan Kompetensi Terbaik

Bagaimana seseorang dapat mencapai kualitas terbaik dalam bidang desain grafis?

  1. Pendidikan dan Pelatihan: Memperoleh pendidikan formal dalam desain grafis atau mengikuti kursus-kursus yang relevan sangat membantu. Hal ini membekali dengan pengetahuan dasar dan teknis yang diperlukan.
  2. Praktik dan Proyek Nyata: Melakukan praktek langsung dan terlibat dalam proyek-proyek nyata membantu memperkuat keterampilan. Praktik ini dapat meliputi magang, proyek sukarela, atau bahkan membuat portofolio pribadi.
  3. Belajar dari Industri: Memantau tren dan mengamati karya dari desainer terkemuka dalam industri dapat memberikan inspirasi serta pemahaman yang mendalam tentang praktik terbaik.
  4. Sertifikasi Profesional: Di Indonesia, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) memberikan pengakuan profesional melalui Sertifikasi Kompetensi Desainer Grafis Muda dan Desainer Grafis Madya. Sertifikasi Desain Grafis BNSP ini menjadi bukti kompetensi yang dapat memperkuat karier seorang desainer grafis.

Menjadi seorang desainer grafis yang sukses bukanlah proses instan. Hal ini membutuhkan dedikasi, latihan, dan kemauan untuk terus belajar serta berkembang.

Dalam industri yang kompetitif, pengakuan profesional seperti Sertifikasi Kompetensi Desainer Grafis Muda dan Desainer Grafis Madya oleh BNSP menjadi nilai tambah yang signifikan bagi para desainer grafis di Indonesia. Sertifikasi Desain Grafis BNSP ini tidak hanya memvalidasi kemampuan, tetapi juga meneguhkan posisi seorang desainer dalam industri yang terus berubah.

Dengan dedikasi dan upaya yang tepat, menjadi seorang desainer grafis yang handal dan berkualitas adalah tujuan yang dapat dicapai. Yuk, bangun karier dalam desain grafis dan terus mengasah kompetensi!

Hubungi Kami via WhatsApp Untuk Konsultasi dan Informasi Program ini:

kontak sertifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *