informasi training

Informasi Training dan Sertifikasi Sumber Daya Manusia Indonesia

Informasi Training dan Sertifikasi Sumber Daya Manusia Indonesia – Program training dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) telah disepakati menjadi bagian penting dari kesuksesan perusahaan. Fungsinya adalah menjadi peluang peningkatan keterampilan individu. Organisasi juga bisa mengembangkan produktivitas dan meningkatkan budaya perusahaan.

Termasuk seperti telah kita bahas di artikel sebelumnya, program training dan pengembangan SDM juga bisa mengurangi tingkat turnover. Mereka akan lebih loyal dan betah berada di dalam organisasi perusahaannya karena merasa diakui dan dikembangkan secara skill dan kepribadian.

Anda yang bertanggungjawab di departemen training and development tentunya harus membuat kajian dahulu yang lazim disebut dengan training need analysis. Pasti dengan tujuan menentukan keterampilan dan pengetahuan apa yang harus dimiliki oleh karyawan untuk mendukung perusahaan mencapai targetnya.

Program Training dan Pengembangan Karyawan

Organisasi juga semestinya merancang program training dan pengembangan karyawan sesuai dengan gaya belajar dan kesukaan dari karyawan. Untuk meminimalisir rasa keterpaksaan dan mengikuti training karena sekedar menunaikan kewajiban. Meski demikian tetap ada hal-hal yang bersifat mandatori yang mengikat kepatuhan perusahaan terhadap regulasi negara. Maka organisasi bisa memberikan perintah tegas agar karyawan atau SDM mengikuti program.

Seperti apa misalnya hal-hal yang bersifat mandatori? Misalnya sesuai Peraturan Menteri dan Undang-undang, sebuah perusahaan wajib memiliki seorang Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Maka perusahaan bisa melakukan penunjukan kepada karyawan yang memenuhi syarat untuk bisa mengikuti Pembinaan dan Sertifikasi Ahli K3.

sertifikasi profesi

Divisi SDM atau HRD biasanya memiliki penanggungjawab khusus dalam hal training. Mereka adalah personel yang kompeten untuk menyusun program pelatihan, menetapkan karyawan yang menjadi target peserta training hingga melakukan penyelenggaraan event training.

Organisasi yang baik tentu bisa melaksanakan program training secara internal. Namun, pada umumnya tidak semua program bisa dilaksanakan oleh organisasi itu sendiri. Tetap ada pihak di luar perusahaan yang bisa menjadi mitra dalam pelaksanaan program-program training dan pengembangan tertentu.

FerdiTraining.com Sebagai Mitra Informasi Training dan Sertifikasi SDM Indonesia

Kebutuhan training dan pengembangan juga sejatinya tidak hanya menjadi miliki organisasi. Secara pribadi setiap individu juga akan berusaha mencari informasi training atau ilmu apapun yang dibutuhkannya. Dengan berbagai tujuan dan keinginan seperti untuk meningkatkan keterampilan, kualitas diri dan karir.

FerdiTraining.com adalah media tempat anda membaca artikel ini yang telah hadir beberapa tahun terakhir. Kami membangun media portal informasi training dan sertifikasi untuk SDM Indonesia. Maka seperti telah disebutkan diatas, kami memfasilitasi kebutuhan anda. Baik sebagai pribadi maupun organisasi dalam pemenuhan kebutuhan pelatihan, kursus, workshop, sertifikasi dan berbagai informasi event.

Secara kemitraan kami bekerjasama dengan banyak training provider, lembaga diklat profesi, lembaga sertifikasi profesi dan para ahli yang kompeten di bidang masing-masing. Tujuan kami tentu bisa menghubungkan anda yang memiliki kebutuhan training dan pengembangan, dengan mereka yang memang memiliki kompetensi terbaik untuk memfasilitasi anda.

Kami telah bekerja bersama vendor training dalam proses bisnis, public relation dan penyelenggaraan event dalam kurun waktu 12 tahun terakhir. Tentunya dengan berbagai dinamika industri dan kebutuhannya. Tidak hanya program pelatihan reguler, informasi sertifikasi oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi juga kami fasilitasi secara intensif.

Pihak perusahaan dan individu tentunya bisa konsultasi dan berkomunikasi terlebih dahulu sebelum menentukan program pengembangan SDM yang tepat. Termasuk dari moda pelaksanaan apakah hendak secara reguler dilaksanakan oleh vendor pelatihan ataukah inhouse training secara internal di dalam perusahaan anda.

Info Pelatihan dan Sertifikasi Yang Difasilitasi Oleh FerdiTraining.com

Secara umum, ada tiga jenis program yang secara informatif kami sampaikan di FerdiTraining.com. Tiga program tersebut secara umum sebagai berikut.

Training Reguler atau Public Training

Program yang populer dan membantu banyak organisasi serta individu adalah Public Training dengan berbagai judul dan kategori.

Training provider bisa memfasilitasi program training publik karena rentang judul dan keahlian cukup umum. Para pakar dan ahli yang menjadi narasumber juga cenderung tersedia secara luas di Indonesia.

Public Training atau Program Training Reguler ini biasanya untuk judul-judul training yang memang dibutuhkan SDM, untuk penguasaan bidang kerjanya lebih maksimal. Atau kegiatan public training ini juga bisa menjadi bagian dari kegiatan besar perusahaan diluar lingkungan kerja.

informasi pelatihan

Pelatihan dan Sertifikasi Kemnaker Republik Indonesia

FerdiTraining.com bekerjasama dengan Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3) Bidang Pembinaan. PJK3 Bidang Pembinaan ini menjadi mitra dari pemerintah, khususnya Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemnaker RI), yang menjalankan tugas menyelenggarakan pembinaan, pelatihan dan sertifikasi bagi individu dari perusahaan. Seluruh program pembinaan yang kami kerjasamakan adalah dalam bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Berikut ini adalah beberapa Program Sertifikasi Kemnaker yang kami selenggarakan:

Pelatihan dan Sertifikasi Calon Ahli K3 Umum (AK3 UMUM)

Program ini adalah pembinaan paling mendasar dan populer yang memang mandatori bagi mayoritas organisasi, perusahaan dan industri di Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor: PER-02/MEN/1992. Pada pasal 2 disebutkan Menteri Tenaga Kerja atau Pejabat yang ditunjuk berwenang menunjuk ahli keselamatan dan kesehatan kerja pada tempat kerja dengan kriteria tertentu dan pada perusahaan yang memberikan jasa di bidang keselamatan dan kesehatan kerja.

Kriteria tertentu sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) adalah :

  • Suatu tempat kerja dimana pengurus mempekerjakan tenaga kerja lebih dari 100 orang
  • Suatu tempat kerja dimana pengurus mempekerjakan tenaga kerja kurang dari 100 orang akan tetapi menggunakan bahan, proses, alat dan atau instalasi yang besar resiko bahaya terhadap keselamatan dan kesehatan kerja.

Maka berkenaan dengan proses penunjukan tersebut, PJK3 dibawah pengendalian Kementerian Tenaga Kerja menjadi fasilitator dan menyelenggarakan Proses Pembinaan dan Sertifikasi Calon Ahli K3 Umum.

Program Pelatihan dan Sertifikasi Calon Ahli K3 Pesawat Uap dan Bejana Tekan

Program ini mengacu pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 37 Tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Bejana Tekanan dan Tangki Timbun. Peraturan tersebut mengupas secara detail tentang bagaimana sebuah perusahaan/industri bisa menjalankan proses bisnisnya menggunakan Bejana Tekanan dan Tangki Timbun secara benar dan sesuai regulasi.

Termasuk diperlukan seorang Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Bidang Pesawat Uap dan Bejana Tekanan yang selanjutnya disebut Ahli K3 Bidang Pesawat Uap dan Bejana Tekanan (AK3 PUBT). Adalah tenaga teknis yang berkeahlian khusus dari luar instansi yang membidangi ketenagakerjaan yang ditunjuk oleh Menteri untuk mengawasi ditaatinya peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan di bidang Pesawat Uap dan Bejana Tekanan.

Pelatihan dan Sertifikasi Calon Ahli K3 Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut (PAPA)

Program Pelatihan dan Sertifikasi Calon Ahli K3 PAPA ini mengacu pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 8 Tahun 2020 tentang Keselamatan dan Kesehatan kerja Pesawat Angkat dan Angkut. Peraturan tersebut mengupas secara detail tentang bagaimana sebuah perusahaan/industri bisa menjalankan proses bisnisnya menggunakan Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut secara benar dan sesuai regulasi.

Termasuk diperlukannya seorang Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Bidang Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut yang selanjutnya disebut Ahli K3 Bidang Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut. Adalah tenaga teknis yang berkeahlian khusus dari luar instansi yang membidangi ketenagakerjaan yang ditunjuk oleh Menteri untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain 3 program diatas, FerdiTraining.com memberikan informasi training dan sertifikasi lainnya dari Kemnaker RI. Ada begitu banyak rentang judul program yang tersedia. Anda bisa menentukan yang paling tepat untuk anda atau SDM di dalam perusahaan anda. Pelajari selengkapnya dengan klik Link di bawah ini:

SERTIFIKASI KEMNAKER RI

Pelatihan dan Sertifikasi Profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi

Program ini adalah bagian dari kebijakan pemerintah dalam melakukan pengembangan tenaga kerja berkualitas Indonesia. Melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), pemerintah melakukan pengembangan paradigma baru dalam sistem penyiapan tenaga kerja Indonesia.

Maka tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan tenaga kerja, paradigma baru ini menggunakan pendekatan pelatihan berbasis kompetensi. Tenaga kerja yang sudah ada juga divalidasi kompetensinya melalui serangkaian proses uji kompetensi.

informasi training

Adalah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang bertugas melakukan uji kompetensi sesuai permintaan dari individu ataupun organisasi yang ingin mendapatkan pengakuan kompetensi sesuai bidang kerja dan profesinya. Uji kompetensi biasanya akan menilai unjuk kerja dan pemahaman seseorang terhadap profesinya. Sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang telah menjadi kesepakatan bersama untuk menjadi ukuran kompetensi.

Sebelum melakukan uji kompetensi adalah sangat ideal calon peserta uji/asesi memiliki pemahaman yang baik terhadap Unit-unit Kompetensi sesuai SKKNI bidang profesinya. Disinilah Lembaga Diklat Profesi (LDP) yang bentuknya bisa training provider, LPK, sekolah atau lainnya bisa berperan aktif dengan menyelenggarakan program pelatihan/pembinaan.

Ferdi Training Center yang menjadi mitra banyak training provider juga telah banyak berperan aktif menyampaikan informasi dan memfasilitasi program sertifikasi profesi di berbagai bidang. Beberapa diantaranya bisa anda simak dibawah ini.

Informasi Training dan Sertifikasi Profesi Trainer – Bidang Metodologi Pelatihan

Merupakan program pelatihan dan uji kompetensi bagi profesi trainer/instruktur/coach/pelatih/pendidik. Atau profesi yang dalam prosesnya adalah melakukan proses belajar mengajar, menyampaikan materi dan instruksi bagi peserta latih atau peserta didik. Training Provider dan Ferdi Training Center bekerjasama dengan BNSP untuk membantu organisasi anda memiliki tenaga trainer yang kompeten.

Melalui Program ini, seorang trainer akan melalui proses asesmen. Untuk menilai bahwa training dalam organisasi dikerjakan oleh trainer yang betul-betul kompeten dibidangnya. Program ini dimaksudkan untuk memberikan rekognisi yang proporsional kepada trainer yang kompeten. Dengan demikian, baik trainer maupun pengguna jasa trainer akan diuntungkan.

Sertifikasi Profesi Inspektur Kelistrikan

Inspektur Kelistrikan adalah salah satu jabatan tenaga teknik khusus (TTK) di Indonesia. Kompetensinya disusun secara sistematis dalam SKKNI. Maka tentunya seorang pemegang jabatan atau profesi ini harus memiliki persyaratan minimal kompetensi dalam bidang kerjanya.

Individu dengan jabatan Inspektur Kelistrikan atau setingkat akan mendapatkan pembinaan 8 Unit Kompetensi Instruktur Kelistrikan. Selanjutnya validasi kompetensi dan unjuk kerja dilakukan melalui proses uji kompetensi.

Sertifikasi Teknisi Pusat Data

Sebuah program yang ditujukan untuk SDM Bidang Teknologi Informasi khususnya yang bertanggungjawab dalam pengelolaan pusat data. Seperti halnya profesi lain, seorang Teknisi Pusat Data juga harus memenuhi kualitas sesuai SKKNI. Apalagi saat ini industri sudah semakin membutuhkan dukungan teknologi informasi yang kompleks, termasuk SDM pendukung yang kompeten.

Ferdi Training Center dan LDP menghadirkan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Sertifikasi Teknisi Pusat Data Muda. Tentu saja program tersebut kami hadirkan sebagai usaha membantu organisasi anda mendapatkan SDM Teknisi Pusat Data yang berkualitas. Kemudian kompetensinya diakui oleh negara sesuai SKKNI yang ditetapkan.

Nah, rentang profesi kerja sesungguhnya ada banyak sekali. BSNP telah mengakomodir begitu banyak bidang profesi untuk mendapatkan validasi kompetensi. Termasuk dengan pertumbuhan dan pergerakan pembangunan, SKKNI juga senantiasa ditinjau kembali. Kemudian diadakan pembaruan sesuai dengan perkembangan jaman.

Tentu saja tidak hanya 3 Program Sertifikasi Profesi diatas. FerdiTraining.com melengkapi banyak informasi training dan sertifikasi dengan skema-skema profesi lainnya. Anda bisa menentukan yang paling tepat untuk anda atau SDM di dalam perusahaan anda. Pelajari selengkapnya dengan klik Link di bawah ini:

SERTIFIKASI PROFESI

Tentu saja kami senantiasa terbuka untuk berkomunikasi dan berdiskusi dengan anda. Khususnya mengenai kebutuhan Pengembangan SDM melalui Informasi Training dan Sertifikasi. Sekali lagi, pendidikan dan kebutuhan pengembangan diri merupakan bidang yang tak lekang waktu. FerdiTraining.com akan senantiasa berusaha beradaptasi dan menyesuaikan informasi, baik untuk Indonesia maupun dunia. Hubungi kami dan mari berakselerasi bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.