Penanggungjawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara

Sertifikasi POIPPU – Penanggungjawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara. Lingkungan kerja industri yang menjadi bagian dari hidup manusia membutuhkan udara bersih yang sangat penting. Industri besar dan maju dengan peralatan canggih bisa menghasilkan banyak senyawa kimia yang sangat beracun. Terdapat potensi bahwa penggunaan bahan-bahan kimia tersebut mengandung material seperti uap, gas, partikulat dan kabut debu di udara tempat kerja dalam konsentrasi yang sudah tidak aman. Seperti halnya tekanan panas di udara dapat mengakibatkan lingkungan kerja tidak aman. Pekerja juga harus terlindungi dengan ventilasi yang efektif dan didesain dengan tepat sebagai solusinya. Selain itu fungsi dari ventilasi juga bisa untuk mengendalikan kelembaban, bau dan bahan-bahan lingkungan yang tidak diinginkan lainnya.

Seiring pertumbuhan ekonomi, mesin, industri dan teknologi telah menjadi faktor yang mempengaruhi kualitas udara yang tercemar dan menjadi rusak serta terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya. Tidak hanya didalam industri, kota-kota besar dengan kepadatan penduduk dan tingginya penggunaan kendaraan bermotor juga menjadi tempat pencemaran udara yang tinggi. Apalagi kesadaran akan pentingnya lahan hijau dan pemeliharaan tanaman tidak lagi menjadi perhatian serius. Maka pengendalian pencemaran udara saat ini menuntut peran penting semua pemangku kepentingan sebelum kondisi menjadi lebih buruk.

Industri yang bertanggungjawab dengan keberadaan lingkungan dan masyarakat di sekitarnya tentunya memiliki sistem pengendalian pencemaran udara yang baik dan sesuai dengan peraturan pemerintah. Sistem pengendalian pencemaran udara yang efektif saat ini semakin penting. Hal ini berkaitan dengan standar kepatuhan yang lebih ketat dari pemerintah dan masyarakat yang semakin kritis ketika terjadi persoalan pencemaran udara. Mengacu pada Pasal 13 ayat (3) Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, pengendalian pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup dilaksanakan oleh Pemerintah, pemerintah daerah dan penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan sesuai dengan kewenangan, peran dan tanggung jawab masing-masing.

——————————————————————————-

INFORMASI DAN PENDAFTARAN

HUBUNGI: FERDI

0812 2681 1987

(PHONE/SMS/WHATSAPP)

——————————————————————————

penanggung jawab operasional instalasi pengendalian pencemaran udara

Tentang Penanggungjawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara (SERTIFIKASI POIPPU)

Pelaksanaan sistem pengendalian pencemaran udara yang efektif tersebut diatas pastinya membutuhkan dukungan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Dalam industri, salah satu profesi dalam sistem tersebut diatas adalah Penanggungjawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara (selanjutnya disebut POIPPU). SDM dengan profesi tersebut harus memiliki pengetahuan, ilmu manajemen dan kompetensi dalam unit pencemaran udara perusahaannya.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.6/MENLHK/SETJEN/KUM.1/2/2018 telah menyebutkan profesi POIPPU. Peraturan menteri ini menjelaskan bahwa Penanggung Jawab Operasional Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara adalah personil yang memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap penyusunan rencana, pengoperasian dan pengoptimasian pengoperasian peralatan pengendalian pencemaran udara. Termasuk perawatan peralatan pengendalian pencemaran udara, serta melaksanakan tanggap darurat dalam pengendalian pencemaran udara.

Selanjutnya juga tertera bahwa Profesi POIPPU dalam melaksanakan tugasnya wajib memiliki kompetensi. Kompetensi yang dimaksudkan adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Maka seseorang dengan Profesi POIPPU ini semestinya memiliki pengakuan dan validasi atas kompetensinya sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Inilah yang menjadi dasar perlunya Uji Kompetensi Profesi POIPPU. Termasuk melalui Kementrian Lingkungan Hidup perusahaan diwajibkan mempunyai personil yang bersertifikat kompetensi POIPPU.

Ferdi Training Center bersama Lembaga Diklat Profesi yang bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi menghadirkan Program Pelatihan dan Sertifikasi POIPPU ini. Tentunya program ini kami selenggarakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan instansi atas Profesi POIPPU yang kompeten sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Pastikan anda terhubung dengan kami dan terlibat dalam program ini yang akan membangun, memelihara dan memastikan seseorang penanggungjawab operasional instalasi pengendalian pencemaran udara memiliki kompetensi yang memenuhi persyaratan nasional sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Materi Pelatihan POIPPU

  1. Pengetahuan dasar pengelolaan kualitas udara, mekanisme terjadinya pencemaran udara, dan dampak pencemaran udara
  2. Peralatan pengendali pencemaran udara
  3. Penilaian potensi/ parameter pencemaran udara
  4. Perencanaan pemantauan udara ambien dan emisi cerobong
  5. Pelaksanaan pemantauan, pelaporan dan evaluasi
  6. Pengetahuan tentang jenis bahan bakar dan karakteristiknya, serta pengendalian proses dan teknologi pembakaran
  7. Teknologi pengendalian emisi udara
  8. Inspeksi instalasi pengendalian pencemaran udara
  9. Prosedur kondisi abnormal dan prosedur tanggap darurat
  10. Pelaporan pelaksanaan pengendalian pencemaran udara

Materi Sertifikasi POIPPU

  1. Mengoperasikan Alat Pengendali Pencemaran Udara dan Emisi – Kode Unit E.390000.008.01
  2. Melakukan Perawatan Peralatan Pengendali Pencemaran Udara – Kode Unit E.390000.009.01
  3. Menilai Tingkat Pencemaran Udara dan Emisi – Kode Unit E.390000.003.01
  4. Mengidentifikasi Bahaya dalam Pengendalian Pencemaran Udara dan Emisi – Kode Unit E.390000.012.01
  5. Melakukan Tindakan K3 Terhadap Bahaya dalam Pengendalian Pencemaran Udara dan Emisi – Kode Unit E.390000.013.01

Peserta Sertifikasi POIPPU

Praktisi Lingkungan, Staff Divisi Lingkungan, Penanggung jawab lingkungan dalam perusahaan, Operator Instalasi Pengendalian Pencemaran Udara.

Syarat Peserta Program Sertifikasi POIPPU

  • Copy ijazah minimal S1
  • Pas foto terbaru berwarna 3×4 , 4×6, masing-masing 4 lembar
  • CV terbaru yang relevan bidang pengelolaan pencemaran lingkungan
  • Pengalaman di bidang pengelolaan limbah minimal 2 (dua) tahun
  • Surat keterangan / laporan / rekomendasi perusahaan terkait jobdesk pengerjaan pengelolaan pencemaran lingkungan
  • Surat keterangan kesehatan

Instuktur Program Sertifikasi POIPPU

  • Ir. Joko Christanto

Waktu dan Tempat

Tanggal:

  • Untuk Mendapatkan Jadwal Terbaru Silahkan Hubungi Kami
  • Training ini bisa kami laksanakan secara tatap muka di kota-kota besar sesuai dengan request anda sebagai peserta
  • Kami juga memfasilitasi Inhouse Training yang efektif dan efisien untuk perusahaan anda.

Lokasi: The 1O1 Hotel Yogyakarta/Neo Malioboro Hotel Yogyakarta/Ibis Styles Hotel Yogyakarta

Biaya

  • Pendaftaran untuk mengikuti Kegiatan pembekalan dan uji kompetensi Kompetensi ini dikenakan biaya Reguler Training : Rp 10.500.000 per peserta

Fasilitas

  • Modul Pelatihan
  • Sertifikat BNSP bagi yang dinyatakan kompeten
  • Dokumentasi Pelatihan dan Uji Kompetensi
  • Ruang Pelatihan berkualitas dan sesuai standar multimedia
  • Makan siang dan 2 kali cofeebreak setiap hari
  • Instruktur Ahli dan Assessor Profesional

——————————————————————————-

INFORMASI DAN PENDAFTARAN

HUBUNGI: FERDI

0812 2681 1987

(PHONE/SMS/WHATSAPP)

——————————————————————————

Leave a Reply

Your email address will not be published.