pembuangan limbah b3

Pembuangan Limbah B3 Bahan Berbahaya dan Beracun

Setiap harinya di seluruh dunia terdapat banyak industri yang berurusan dengan limbah bahan berbahaya dan beracun atau limbah B3. Limbah tersebut merupakan bagian dari proses produksi dalam bisnisnya. Secara internal pasti perusahaan akan sangat memperhatikan hasil keluaran berupa limbah ini. Karena tingkat bahaya dan risikonya amat tinggi untuk lingkungan kerja dan para karyawan dalam industrinya. Tidak hanya itu, lingkungan sekitar dan alam juga sudah semestinya menjadi perhatian serius bagi industri yang baik. Termasuk memikirkan bagaimana mengelola dan melakukan proses pembuangan limbah B3 ini.

Apabila anda pengelola industri di Indonesia yang menghasilkan limbah B3, memang harus menyadari sepenuhnya akan tingkat risiko dan bahaya seperti telah disebutkan diatas. Anda harus melindungi diri dan lingkungan anda dengan memahami undang-undang dan aturan yang berlaku seputar bahan berbahaya dan beracun. Terutama yang menjadi hasil keluaran industri anda.

Tuntutan hukum dan tindak pidana yang serius merupakan akibat fatal apabila anda lalai dalam persoalan pengelolaan limbah B3 dan pembuangan limbah B3. Meskipun anda bisa jadi tidak menyadari ketika telah melanggarnya. Maka ketika hendak menjalankan industri perlu pertimbangan yang terbaik. Kesadaran akan limbah berbahaya yang akan dihasilkan lalu mempersiapkan cara terbaik pembuangan limbah berbahaya tersebut adalah pelaksanaan bisnis yang bertanggungjawab.

limbah b3

Pastikan Jenis Limbah dan Pertimbangkan Pembuangan Limbah B3 Industri Anda

Apabila dalam proses produksi dalam industri anda menggunakan bahan yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan, maka anda berurusan dengan bahan berbahaya yang diatur dengan undang-undang. Anda harus sangat berhati-hati ketika melakukan penyimpanan bahan-bahan tersebut. Jangan sampai justru menjadi kontaminan dan membahayakan para pekerja dalam industri anda. Termasuk anda harus serius dan sangat berhati-hati dengan keputusan pembuangan limbah B3 dan pengemasan limbah B3.

Anda bisa jadi akan memahami bahan mana yang secara peraturan perundangan dianggap sebagai racun atau bahan berbahaya. Namun ketika menghadapi persoalan limbah yang bisa jadi meragukan, anda perlu konsultasi dengan tenaga ahli yang lebih memahami. Seperti apa tingkat tanggungjawab anda untuk menangani limbah tersebut.

Maka cara paling mudah untuk menangani limbah B3 adalah memang dengan menggunakan pihak ketiga. Biasanya mereka adalah perusahaan jasa pembuangan limbah B3. Perusahaan-perusahaan tersebut bisa membantu anda menganalisa limbah berbahaya di dalam industri anda. Termasuk mereka akan melakukan pembersihan dan pembuangan limbah B3 tersebut secara teratur. Pastikan perusahaan jasa pengelolaan dan pembuangan limbah ini memang telah memiliki izin legal formal yang valid dan profesional.

Menyingkirkan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun

Kementerian Lingkungan Hidup secara lengkap telah menyusun aturan mengenai Tata Cara dan Persyaratan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun. Tertera dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2021. Dalam Bab I Pasal 2 merinci bahwa Peraturan Menteri tersebut mengatur mengenai tata cara dan persyaratan:

  • penetapan status Limbah B3;
  • pengurangan Limbah B3;
  • penyimpanan Limbah B3;
  • pengumpulan Limbah B3;
  • pengangkutan Limbah B3;
  • pemanfaatan Limbah B3;
  • pengolahan Limbah B3;
  • penimbunan Limbah B3;
  • dumping (pembuangan) Limbah;
  • perpindahan lintas batas Limbah B3; dan
  • permohonan dan penerbitan Persetujuan Teknis PLB3 dan SLO-PLB3.

Khusus mengenai pembuangan limbah mendapatkan tempat pembahasan pada Bab X dalam Peraturan Menteri tersebut. Mulai dari Pasal 197 hingga Pasal 215 berisi pembahasan pelaksanaan Dumping (Pembuangan) Limbah termasuk pembuangan Limbah B3. Dalam Pasal 206 disebutkan bahwa tata cara Dumping (Pembuangan) wajib memperhatikan jenis limbah, jumlah limbah, jarak Dumping (Pembuangan) Limbah terhadap daerah sensitif, durasi Dumping (Pembuangan), debit Dumping (Pembuangan), cara Dumping (Pembuangan) dan proses dan jenis kegiatan pertambangan, untuk Limbah yang bersumber dari pertambangan mineral berupa tailing.

Nah, secara lengkap Peraturan Menteri tersebut diatas bisa anda akses dan download pada laman berikut ini.

Tanggung Jawab Hukum Anda

Secara hukum anda memiliki tiga tanggungjawab dasar ketika mengelola bahan berbahaya dan beracun, yaitu anda harus:

  • mengemas dan menyimpan bahan-bahan tersebut dengan baik agar tidak terjadi kebocoran atau mencemari lingkungan.
  • membuang limbah dengan cara yang sesuai aturan perundang-undangan
  • melaporkan bisnis dan industri anda apabila menggunakan bahan berbahaya serta menghasilkan limbah bahan berbahaya dan beracun sebagai bagian dari produksi.

Sumber Daya Manusia Pengelola Limbah B3 dan Pembuangan Limbah B3

pengelolaan limbah b3

Perusahaan dan industri anda membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang memahami persoalan-persoalan pengelolaan limbah. Apalagi kini anda mengetahui betapa pentingnya persoalan limbah yang bisa mempengaruhi kelangsungan bisnis dan industri anda. Bahkan industri besar memiliki divisi khusus menangani masalah ini. SDM atau personel khusus ini juga semestinya memiliki ilmu pengetahuan, kapasitas dan kompetensi dalam melaksanakan tugasnya. Tanpa kompetensi, dampaknya juga bisa membahayakan industri anda.

Ferdi Training Center yang bekerjasama dengan banyak lembaga diklat profesi dan training provider senantiasa mendukung organisasi komersial untuk mendapatkan SDM yang kompeten. Kami telah begitu banyak menyelenggarakan pelatihan bersertifikasi untuk berbagai bidang profesi. Salah satunya tentu untuk profesi-profesi dalam bidang pengelolaan limbah industri. Program sertifikasi dibawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Tujuannya tentu untuk melakukan uji kompetensi yang akan menilai kualitas dan kompetensi dari personil perusahaan anda terutama yang bekerja dalam bidang pengelolaan limbah B3 sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Seperti halnya personel yang bertanggung jawab dalam pemantauan dan analisis pengelolaan limbah B3 dalam perusahaan. Maka sesuai peraturan perundangan, yang bersangkutan harus memiliki Sertifikat Kompeten dalam bidang Pemantauan dan Analisis Limbah B3. Secara detail program pelatihan dan sertifikasi untuk profesi ini bisa anda lihat di sini.

Lalu jika sebelumnya kita bicara banyak soal pembuangan Limbah B3, maka profesi Pengemudi Pengangkutan Limbah B3 juga sangat erat kaitannya dalam proses yang ada. Demikian juga sesuai peraturan perundangan, yang bersangkutan juga harus memiliki Sertifikat Kompeten dalam bidang Pengemudi Pengangkutan Limbah B3. Secara detail program pelatihan dan sertifikasi untuk profesi ini bisa anda lihat di sini.

Kesimpulan

Banyak negara terus berjuang dengan masalah yang sangat serupa dalam persoalan pengelolaan dan pembuangan limbah. Pembuangan sering dilihat sebagai alternatif kedua dan seringkali akan menghasilkan lebih banyak masalah. Sekali lagi sebagai industri yang baik dan bertanggungjawab anda tidak bisa mengabaikan hal tersebut. Tentunya dengan ilmu pengetahuan, pemahaman dan inisiatif terbaik, anda bisa menjadi bagian dari perjuangan membangun bumi tempat tinggal kita menjadi lebih baik.

Pilihannya, ada ditangan anda. Bangunlah industri anda menjadi industri yang valid dan bertanggungjawab. Lalu pastikan SDM anda memiliki kompetensi terbaik serta memiliki kesadaran sepenuhnya untuk melakukan pengelolaan limbah B3 secara profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.