pelatihan karyawan

Pelatihan Karyawan Sebagai Proses Pencapaian Tujuan Perusahaan

Bisnis dan ekonomi saat ini dalam kondisi pergerakan cepat dan penuh persaingan ketat. Seluruh pemangku kepentingan dan unsur organisasi bisnis menghadapi tantangan jauh lebih besar. Apalagi teknologi melaju hampir tak terbendung. Maka kualitas kemampuan, keterampilan dan kompetensi dari sumber daya manusia (SDM) dalam organisasi sudah semestinya ikut berakselerasi. Peningkatan kualitas tersebut sudah menjadi kebutuhan utama. Hal ini yang membuat program pelatihan karyawan dan pengembangan karyawan menjadi sangat penting dan salah satu fokus utama dari perusahaan.

Meskipun seperti hal yang sama, namun pelatihan karyawan dan pengembangan karyawan memiliki pembahasan khusus.

Pelatihan karyawan adalah rangkaian agenda kegiatan dengan instruksi khusus, yang memberikan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bidang kerja karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka.

Pengembangan karyawan menjadi kerjasama berkesinambungan antara pekerja dan perusahaan dalam rangka pertumbuhan, produktivitas dan kemampuan. Tidak hanya berfokus pada keterampilan kerja yang sudah ada, pengembangan karyawan juga membangkitkan kemampuan karyawan dalam bidang lain sesuai kebutuhan perusahaan.

Namun dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih banyak mengenai pelatihan atau training karyawan. Seperti apa seharusnya pelatihan karyawan, mengapa menjadi hal yang penting dan langkah-langkah apa untuk memaksimalkan prosesnya.

training karyawan

Tentang Pelatihan Karyawan

Sebelumnya telah kita bahas bahwa pelatihan karyawan menjadi program berkelanjutan dengan menyediakan proses belajar berbagai pengetahuan dan keterampilan untuk memenuhi tugas pekerjaannya. Organisasi terbaik tentunya ingin menyelaraskan tujuan perusahaan dengan SDM yang dimilikinya, meningkatkan performa mereka dan menjaga mereka tetap bertanggungjawab. Hal tersebut bisa tercapai dengan melatih karyawan anda secara seksama.

Program training akan membantu karyawan lebih berkualitas dalam pekerjaannya termasuk apa yang akan dilakukan. Training juga akan menghadirkan perubahan positif dalam pengetahuan, keterampilan & sikap karyawan. Sehingga karyawan akan lebih maksimal dalam pekerjaannya saat ini. Bisa juga untuk membentuk dan menyiapkan SDM anda dengan tanggungjawab yang lebih besar.

Usaha untuk melaksanakan program pelatihan juga tidak sederhana. Ada investasi waktu, tenaga dan uang. Oleh karena itu organisasi harus berhati-hati ketika merancang program training. Tujuan dan kebutuhan dari training harus ditentukan dengan jelas. Demikian halnya metode dan jenis dari pelatihan harus ditetapkan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan yang ditentukan tersebut.

Pastikan segala sesuatunya telah terlaksana dengan baik dan akurat. Selanjutnya harus dilaksanakan evaluasi, penilaian dan umpan balik yang valid dari karyawan peserta pelatihan. Dari sini organisasi akan mengetahui apakah program pelatihan yang dilakukan menjadi sebuah investasi atau justru pengeluaran belaka.

Mengapa Pelatihan Karyawan Penting?

Program pelatihan yang terencana sempurna akan membantu perusahaan mengurangi tingkat keluar masuknya karyawan dengan berbagai alasan. Pelatihan juga akan mencegah organisasi kehilangan SDM berbakat karena keterampilannya tidak terasah atau tidak berkembang.

Kemampuan perusahaan untuk mempertahankan karyawan yang terus terlibat memajukan tempatnya bekerja adalah sebuah keuntungan. Pelatihan karyawan akan mendukung perusahaan bertumbuh bersama karyawannya.

Training juga menjadi bentuk yang efektif bagi perusahaan untuk mengapresiasi karyawannya. Hal ini akan mampu mendongkrak produktivitas dan loyalitas karyawan. Sehingga training tidak hanya menguntungkan mereka yang menjadi peserta, tetapi juga organisasinya.

Seperti hanya karyawan, produktivitas organisasi juga akan meningkat dengan belajar beradaptasi dan merangkul perubahan di lapangan. Berikut ini juga menegaskan mengapa melatih karyawan menjadi penting.

pengembangan karyawan

1. Kepuasan Karyawan

Karyawan akan melihat bahwa perusahaan memperhatikan dan menghargai keberadaan mereka. Hal ini adalah faktor penting dari kepuasan kerja dan produktivitas yang tinggi.

Perusahaan selalu berusaha mencari cara untuk menumbuhkan loyalitas dan mengurangi tingkat turnover karyawan dalam jangka waktu yang lama. Maka memberikan ruang bertumbuh untuk karyawan dan meningkatkan keterampilan adalah salah satunya.

2. Karyawan Lebih Bertanggungjawab

Tanpa perlu banyak pengawasan, karyawan perusahaan diharapkan bisa bekerja lebih bertanggungjawab apabila mereka mendapatkan pelatihan yang tepat dan sesuai. Demikian juga ketika menggunakan perangkat dan mesin atau software dalam pekerjaan mereka.

3. Lingkungan Kerja Lebih Aman

Perusahaan tidak akan rugi ketika berinvestasi dalam pelatihan karyawan. Hal tersebut juga akan mengurangi tingkat risiko kecelakaan kerja dan faktor kesalahan manusia. Apalagi dalam industri yang berhubungan dengan mesin dan alat berat.

4. Kinerja, Produktivitas dan Profitabilitas yang Lebih Baik

Peningkatan kinerja dan produktivitas organisasi anda secara alami tinggal menunggu waktu saja. Setelah anda memastikan karyawan anda diberikan pelatihan terbaik untuk menjaga keterampilan mereka terus terasah.

Tentu saja adanya peningkatan produktivitas dan efisiensi yang tercapai melalui pelatihan karyawan akan berhubungan dengan pertumbuhan profit perusahaan. Training bisa menyelamatkan perusahaan dari kerugian yang timbul akibat hilangnya SDM berbakat dan terjadinya kesalahan fatal yang mengancam keselamatan kerja.

5. Reputasi Perusahaan

Pelatihan karyawan berkualitas yang anda hadirkan di perusahaan akan membuat anda melampaui para pesaing. Membuat anda berbeda dan lebih baik. Tidak hanya mempertahankan talent berkualitas di dalam perusahaan, anda juga akan menarik talent berkualitas dari luar perusahaan.

Nah, butuh penjelasan apalagi mengenai pentingnya memberikan pelatihan terbaik untuk SDM anda?

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara terbaik anda melatih karyawan anda untuk mencapai tujuan organisasi. Mari teruskan membaca!

pelatihan karyawan

Proses Memberikan Pelatihan Untuk Karyawan Anda Dengan Langkah Sederhana

Training menjadi proses penting dalam perusahaan dan bukan tugas yang sederhana. Maka panduan khusus bisa membantu anda membuat perencanaan untuk mengembangkan program pelatihan bagi karyawan anda. Beberapa hal yang bisa anda ikuti adalah:

1. Tentukan Tujuan Pelatihan Karyawan

Mengenali dengan baik dan menetapkan tujuan yang ingin dicapai melalui program training adalah tahap pertama ketika memutuskan hendak mengembangkan program pelatihan.

Pada tahap inilah ketika anda berpikir untuk memperbaiki permasalahan dan meningkatkan performa organisasi melalui program training.

Tetapkanlah tujuan yang sesuai, tetap ambisius namun rasional dan terukur.

2. Tentukan Kompetensi

Kualitas kinerja karyawan akan meningkat dengan dukungan seperangkat keterampilan yang disebut kompetensi.

Cara kerja baru, penggunaan sebuah software atau peralatan dan mesin, kerja sama tim adalah beberapa saja dari banyak keterampilan yang anda ingin kembangkan untuk karyawan anda melalui program pelatihan.

Cari tahu apa kelebihan dan keterampilan yang sudah dimiliki karyawan anda dan mulailah menetapkan kompetensi yang ingin dicapai.

3. Analisis Kesenjangan

Sekarang anda sudah mengetahui apa yang ingin dicapai melalui pelatihan. Anda juga sudah menetapkan tingkat keahlian yang dikuasai oleh karyawan anda. Maka, proses selanjutnya adalah menganalisis kesenjangan diantara kedua hal tersebut diatas lalu lihat seberapa besar kebutuhan yang ingin dicapai melalui proses pelatihan.

4. Diskusikan Dengan Karyawan Anda

Program pelatihan yang disusun bisa jadi lebih menguntungkan dengan masukan dari karyawan. Ada hal-hal yang mungkin terlewatkan saat membuat perencanaan pelatihan dan hal tersebut bisa mendapatkan perhatian dari karyawan.

Jadi pastikan anda mendiskusikannya dengan karyawan, minta opini mereka dan saran-saran untuk memperkaya proses training.

5. Berikan Pelatihan Formal

Begitu anda sudah memiliki gambaran menyeluruh dari program training yang perlu dilakukan, lanjutkan dengan mencari cara untuk menawarkan pelatihan formal kepada karyawan anda.

Pelaksanaannya bisa dalam bentuk sistem mentoring, sebuah workshop atau short course untuk mengajarkan kealian baru pada karyawan anda.

6. Gunakan Alat Pelatihan Yang Tepat

Pelatihan yang efektif akan melibatkan penggunaan alat yang tepat dengan kombinasi yang benar.

Alat yang digunakan adalah bisa video, seminar, konferensi, buku panduan dan manual, forum diskusi dan tanya jawab, serta program coaching.

7. Pastikan Trainer Profesional

Seringkali yang terbaik adalah mendapatkan support dari luar organisasi dan membawa trainer profesional di bidangnya. Hal tersebut bisa membuat kualitas pelatihan karyawan lebih tinggi.

Menggunakan jasa trainer profesional bisa membantu sebuah proses pelatihan menjadi lebih efektif dan efisien. Trainer profesional bisa membawa keahlian baru dan pengetahuan untuk organisasi perusahaan anda.

8. Motivasi Untuk Belajar Mandiri

Karyawan anda perlu didorong untuk belajar secara mandiri juga tentang pekerjaan yang dilakukan, selain anda mempersiapkan program pelatihan terbaik bagi mereka.

Salah satu aset terbaik perusahaan adalah karyawan yang bisa mendorong dan mengajari dirinya sendiri. Hal tersebut bisa jadi akan membawa gagasan baru dan metode lain yang berguna dalam pekerjaan.

9. Evaluasi Hasil Pelatihan

Begitu program pelatihan telah berakhir, segera evaluasi seberapa efektifkah hasilnya.

Pastikan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab seperti, apakah sudah anda sudah mencapai tujuan yang sudah ditetapkan? Jika iya, apa yang membuat anda sukses mencapainya. Apabila tidak, bagaimana anda memastikan kegagalan itu tidak terjadi lagi.

Hal tersebut akan membantu anda menyusun program training di masa yang akan datang sukses atau bahkan jauh lebih baik.

sertifikasi pengelolaan lembaga pelatihan

Beberapa Metode Training Yang Efektif

Ada banyak pertimbangan melakukan penyusunan program pelatihan dan saat membawakan sesi pelatihan karyawan. Namun yang menjadi perhatian utama biasanya adalah metode pelatihan apa yang efektif dan efisien untuk karyawan dan organisasi anda.

Hal yang tidak kalah penting adalah keseimbangan antara pengaruh, pemahaman dan kemudahan menerapkan ilmu dalam pelatihan. Artinya memang anda harus memahami pilihan pilihan dan gaya belajar dari karyawan anda.

Demikian halnya dalam menyiapkan pelatihan harus memperhatikan tujuan pembelajaran, biaya yang dibutuhkan serta manfaat bagi kinerja karyawan setelah training dilaksanakan.

Apabila anda merancang pelatihan secara online, maka anda harus memperhatikan infrastruktur internet, kualitas software atau aplikasi yang dipakai, manajemen sistem pembelajaran daring. Terutama yang bisa mengukur kuantitas pembelajaran dan kualitas yang dinilai melalui evaluasi.

Ada banyak pendekatan dan metode pelaksanaan pelatihan yang bisa dipilih. Berikut adalah beberapa metode yang umumnya digunakan.

1. Training Tatap Muka Berbasis Ruang Kelas

Training Tatap Muka di dalam kelas adalah bentuk dasar dari pelatihan. Dengan metode ini, pengajar yang merupakan ahli dalam bidangnya, memberikan pelatihan dan menjawab pertanyaan yang muncul.

Kelebihan:

  • Solusi dari permasalahan yang ditanyakan bisa langsung terjawab saat itu juga
  • Bisa digunakan untuk memberikan pelatihan langsung untuk sekelompok besar karyawan.
  • Sisi manusiawi yang tidak ada dalam pembelajaran berbasis teknologi.
  • Memberikan ruang kepada karyawan untuk bisa berinteraksi satu sama lain dan belajar bersama

Kekurangan:

  • Mengurangi  produktivitas karena karyawan harus menghentikan kegiatan bekerja untuk mengikuti pelatihan
  • Training tatap muka cenderung sulit dilakukan perusahaan dengan karyawan memiliki pola jam kerja berbeda dan lokasi yang berbeda-beda
  • Kurangnya pengalaman dan praktek dalam ruang kelas training jika tidak menggunakan teknologi yang biasanya dijadikan alat dalam pekerjaan
  • Cenderung menghabiskan waktu dan kadangkala tidak begitu penting, terutama untuk topik-topik yang tidak membutuhkan sesi pelatihan resmi
  • Trainer wajib memastikan bahwa para peserta bisa mengikuti pelatihan dengan cepat, karena akan mempengaruhi kuantitas jam kerja mereka
  • Secara aspek perilaku kurang bagus untuk karyawan yang cenderung introvert dan bagi mereka yang takut bertanya secara terbuka dalam forum
  • Merancang infrastruktur pelatihan, ruangan, makanan dan akomodasi akan banyak menyedot biaya
  • Efektivitas pelatihan tidak bisa terukur dengan baik

2. Metode Pendampingan 

Jenis pelatihan ini dilaksanakan oleh seorang pendamping atau mentor. Seseorang yang biasanya berpengalaman di dalam perusahaan. Dia akan mendampingi dan memandu karyawan, memantau tingkat kemajuan karyawan dan menguji kinerja mereka.

Setiap langkah dalam tahap pembelajaran akan dipandu oleh mentor. Termasuk menghapus keraguan dari karyawan dan membantu mereka mampu menaikkan karir lebih baik.

Kelebihan:

  • Akan lebih cepat membuat karyawan beradaptasi dengan pekerjaan dan perusahaan
  • Karyawan memiliki seseorang yang bisa menjadi referensi untuk bertanya dan belajar situasi dan kondisi perusahaan
  • Apabila pendamping memberikan umpan balik positif, karyawan akan merasa mendapatkan penghargaan
  • Pendampingan akan menjadi metode untuk transfer pengetahuan dan keterampilan jika para ahli dalam organisasi telah pergi atau pensiun

Kekurangan:

Ada dalam hubungan antara pendamping dan karyawan yang didampingi. Apabila hubungan keduanya cenderung penuh tekanan dan kurang baik, maka cenderung ada keterpaksaan. Hal ini tentu saja mengurangi kualitas dari pembelajaran.

Kurangnya produktivitas pendamping atas pekerjaan utamanya, selama melakukan pendampingan

Pendamping bisa tertekan jika peserta pendampingan tidak mengalami kemajuan sesuai yang diharapkan.

training online

3. Pembelajaran Daring

Dalam metode pembelajaran daring program pelatihan akan menggunakan dukungan sumber daya digital melalui internet. Termasuk didalamnya adalah video yang sudah direkam, audio, animasi dan kuis-kuis daring.

Metode ini bersifat pembelajaran mandiri yang bisa diakses kapanpun oleh karyawan sesuai waktu yang mereka sukai. Selama mereka memiliki koneksi internet dan perangkat untuk mengaksesnya.

Kelebihan:

  • Perusahaan bisa menghemat banyak waktu dan uang dibandingkan dengan harus menggunakan jasa trainer serta infrastruktur training lainnya seperti tempat, training kit dan lain-lain.
  • Karyawan bisa mengakses pembelajaran kapan saja, sehingga lebih nyaman untuk mereka dan partisipasi mereka lebih baik.
  • Dalam perusahaan yang memiliki karyawan dengan lokasi dan jadwal kerja berbeda, pembelajaran daring yang mandiri akan sangat membantu tanpa menyulitkan jadwal kerja dan lainnya.
  • Program pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing karyawan
  • Proses pembelajaran mudah diukur

Kekurangan

  • Kurangnya hubungan sosial
  • Pembelajaran daring tentu saja tidak bisa diakses oleh mereka yang tidak memiliki jaringan internet
  • Sangat mudah bagi pembelajar daring untuk melakukan kecurangan, membagikan kunci jawaban ujian atau bahkan menggunakan jasa orang lain untuk mengikuti evaluasi training online
  • Karyawan cenderung buruk dalam manajemen waktu pembelajaran daring dan tidak mendapatkan manfaat apapun dari metode ini

4. Pembelajaran Sosial

Pembelajaran sosial adalah cara belajar dengan memperhatikan perilaku orang lain. Hal ini bisa dilakukan dengan meminta karyawan mengamati dan meniru para pekerja lain yang melakukan tugas atau kerjanya sehari-hari.

Kelebihan:

  • Memori pembelajaran lebih baik. 20% pembelajaran biasanya dilakukan secara formal dan sisanya 80% melalui jalur informal seperti pembelajaran sosial membuat ingatan atas pembelajaran lebih baik.
  • Metode pelatihan yang hemat secara biaya
  • Membangun budaya belajar dalam organisasi
  • Terbangunnya rasa memiliki dan selalu terhubung di dalam organisasi

Kekurangan:

  • Cenderung tidak mudah untuk menyusun proses pembelajaran sosial
  • Tingkat efektifitas pembelajaran tidak bisa diukur
  • Dalam lingkungan tertentu justru bisa terjadi distribusi informasi yang keliru
  • Informasi sensitif organisasi cenderung tidak aman

5. Kegiatan Berkelompok

Kegiatan secara berkelompok dalam perusahaan berdasarkan pada metode penyelesaian masalah yang fokusnya ada pada pentingnya hubungan dan komunikasi antara rekan kerja.

Kelebihan:

  • Membangkitkan rasa tanggungjawab, kemampuan memimpin, keterampilan tim dan dinamikan kelompok
  • Memberikan umpan balik secara sosial untuk peserta
  • Meningkatkan interaksi dan komunikasi seluruh anggota tim

Kekurangan:

  • Kurangnya distribusi pengetahuan secara efektif
  • Anggota kelompok pembelajaran bisa jadi melupakan tujuan utama dari pelatihan dan justru fokus ke hal-hal yang kurang penting
  • Membutuhkan ruang pelatihan tambahan
  • Pembelajaran dalam kelompok jumlah besar cenderung kurang efektif

FERDI TEACH DIGITAL MARKETING

Mitra Pelatihan Untuk Organisasi Anda

FerdiTraining.com adalah portal informasi Pelatihan dan Sertifikasi untuk sumber daya manusia terbaik di seluruh Indonesia. Kami berkeyakinan bahwa selalu ada potensi terbaik yang bisa dikembangkan dalam diri SDM Indonesia.

Seperti halnya organisasi anda yang terdiri dari individu dengan berbagai latar belakang dan karakter. Tentu kami yakin anda telah melakukan proses rekrutmen terbaik untuk mereka bisa masuk ke dalam organisasi anda.

Tetapi tentu saja kembali pada dalil-dalil pelatihan dan pengembangan karyawan, pertumbuhan dan kemajuan mereka akan bermanfaat bagi organisasi anda. Oleh karenanya pastikan SDM anda mendapatkan pelatihan karyawan dan program pengembangan yang tepat dan sesuai dengan analisis yang ada.

Secara umum kami menyediakan berbagai jenis program pelatihan untuk karyawan dalam masa training, peningkatan keahlian kerja, kenaikan jabatan dan bahkan untuk yang hendak purna bakti. Lalu untuk memenuhi kebutuhan mandatori kami juga menghadirkan Program Khusus. Program tersebut adalah pembinaan dan sertifikasi dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia dan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Silahkan anda bisa cek kelengkapan program tersebut di sini:

PROGRAM SERTIFIKASI KEMNAKER RI

PROGRAM SERTIFIKASI BNSP

TRAINING REGULER

Kami tunggu kerjasama dengan anda dan sampai jumpa di puncak kesuksesan organisasi dengan sumber daya manusia terbaik !

Leave a Reply

Your email address will not be published.