materi training untuk karyawan

Materi Training Untuk Karyawan

Daftar Isi

Materi training untuk karyawan ada berbagai jenis dan bentuk. Tergantung pada kebutuhan pelatihan yang telah ditentukan oleh organisasi. Namun, beberapa materi training umum yang sering diberikan kepada karyawan biasanya adalah membahas keterampilan:

  1. Teknis: Materi ini biasanya diberikan kepada karyawan yang bekerja di bidang teknis seperti teknik mesin, teknik elektronika, dan lain-lain. Materi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam bidang yang berkaitan dengan pekerjaannya.
  2. Komunikasi: Materi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Materi ini biasanya diberikan kepada karyawan yang memiliki tanggung jawab sebagai koordinator atau pemimpin tim.
  3. Manajerial: Materi ini biasanya diberikan kepada karyawan yang memiliki tanggung jawab sebagai pemimpin atau manajer di organisasi. Materi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam mengelola tim, mengelola proyek, dan membuat keputusan yang tepat.
  4. Interpersonal: Materi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam berinteraksi dengan orang lain, baik dalam tim maupun di luar tim. Materi ini biasanya diberikan kepada karyawan yang memiliki tanggung jawab sebagai koordinator atau pemimpin tim.
  5. Presentasi: Materi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam memberikan presentasi di depan audiens. Materi ini biasanya diberikan kepada karyawan yang memiliki tanggung jawab sebagai koordinator atau pemimpin tim.
  6. Berbasis kompetensi: Materi training berbasis kompetensi adalah sebagai persiapan karyawan yang hendak mengikuti Uji Kompetensi. Tujuannya untuk mendapatkan Sertifikasi Profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Anda bisa cek berbagai judul training berbasis kompetensi dari Ferdi Training Center dengan >> KLIK DISINI

Membuat Materi Training Untuk Karyawan

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti dalam proses membuat materi training untuk karyawan:

  1. Tentukan tujuan dan sasaran training. Pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas saat menyusun materi training, seperti meningkatkan keterampilan karyawan atau meningkatkan produktivitas mereka. Ini akan membantu Anda menentukan materi yang tepat untuk disampaikan dan cara yang tepat untuk menyampaikannya.
  2. Identifikasi kebutuhan karyawan. Carilah tahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh karyawan melalui survei, wawancara atau pre-test. Ini akan membantu Anda menentukan materi yang sesuai dengan kebutuhan karyawan.
  3. Susun materi training. Setelah mengetahui tujuan dan sasaran training serta kebutuhan training karyawan, selanjutnya Anda dapat mulai menyusun materi training. Materi training harus disusun secara terstruktur dan sesuai dengan kebutuhan karyawan.
  4. Buat outline atau struktur materi. Buatlah outline atau struktur materi yang akan disampaikan, dan tentukan bagaimana Anda akan menyampaikan materi tersebut. Ini bisa meliputi teknik presentasi, demonstrasi, atau latihan praktik yang bisa membantu karyawan memahami materi dengan lebih baik.
  5. Persiapkan materi dengan baik. Pastikan Anda memahami materi yang akan disampaikan dengan baik, dan pastikan materi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman karyawan yang akan Anda ajarkan.
  6. Tentukan metode dan media pelatihan: Setelah materi pelatihan selesai disusun, selanjutnya Anda perlu memutuskan metode dan media pelatihan yang akan digunakan. Metode pelatihan yang dapat Anda pilih antara lain ceramah, diskusi kelompok, simulasi, dan lain-lain. Sedangkan untuk media pelatihan, Anda dapat menggunakan modul cetak, video, atau software pelatihan.
  7. Persiapkan dokumen pelatihan: Selain materi pelatihan, Anda juga perlu menyiapkan dokumen pelatihan lainnya seperti contoh soal, lembar jawaban, dan lain-lain. Dokumen pelatihan ini akan membantu Anda dalam mengelola pelatihan dengan lebih baik.
  8. Uji materi pelatihan: Sebelum dilakukan pelatihan, Anda perlu menguji materi pelatihan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa materi tersebut sesuai dengan kebutuhan karyawan dan mudah dipahami oleh peserta pelatihan.

menyampaikan materi training

120 VIDEO CARA MEMBUAT KURSUS/TRAINING ONLINE >> AKSES KLIK DISINI

Menyampaikan Materi Training

Dalam menyampaikan materi training untuk karyawan, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Persiapkan materi training dengan baik. Pastikan Anda memahami materi yang akan disampaikan dengan baik, dan pastikan materi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman karyawan yang akan Anda ajarkan.
  2. Buat rencana pelatihan yang jelas. Buat outline atau struktur materi yang akan disampaikan, dan tentukan bagaimana Anda akan menyampaikan materi tersebut. Siapkan diri anda dengan teknik presentasi yang menarik.
  3. Gunakan demonstrasi. Demonstrasi bisa membantu karyawan memahami cara kerja sesuatu atau cara melakukan sesuatu dengan lebih baik.
  4. Sesuaikan metode penyampaian dengan kebutuhan karyawan. Berikan contoh-contoh yang relevan dengan pekerjaan karyawan, atau gunakan visual aids seperti gambar atau video untuk membantu menjelaskan materi dengan lebih jelas. Pastikan visual aids tersebut sesuai dengan materi yang disampaikan dan mudah dipahami oleh karyawan.
  5. Buat pertanyaan terbuka. Pertanyaan terbuka seperti “Bagaimana Anda mengelola masalah ini?” atau “Apa yang pikiran Anda tentang hal tersebut?”, bisa membantu karyawan berpikir secara kritis dan membantu mereka memahami materi dengan lebih baik.
  6. Berikan contoh nyata. Berikan contoh nyata yang relevan dengan pekerjaan karyawan untuk membantu mereka memahami materi dengan lebih baik.
  7. Buat sesi tanya jawab. Berikan kesempatan kepada karyawan untuk bertanya dan memahami materi dengan lebih baik. Jika ada pertanyaan yang tidak Anda jawab, jangan ragu untuk mencari jawabannya dan memberikannya kepada karyawan di kemudian hari.
  8. Evaluasi hasil pelatihan. Setelah pelatihan selesai, evaluasi hasilnya dengan mengajukan pertanyaan kepada karyawan atau dengan menyelenggarakan tes untuk mengetahui seberapa baik karyawan memahami materi yang telah disampaikan. Ini bisa membantu Anda mengetahui apa yang perlu diperbaiki atau diperluas dalam pelatihan berikutnya.

Cara Membawakan Materi Training Secara Online

Pandemi COVID-19 telah membawa begitu banyak perubahan baru dalam hidup kita. Tidak terkecuali cara belajar di institusi formal maupun informal. Kita telah menyaksikan dan mengalami begitu banyak pertemuan juga terjadi secara virtual.

Maka pola dan metode training karyawan pun telah banyak berevolusi. Kita saat ini banyak menghadiri ruang-ruang Zoom Meeting ataupun Google Meet. Juga mengakses Learning Management System yang dimiliki perusahaan kita. Secara psikologis cara peserta mengikuti training pun berbeda. Inilah tantangan bagi anda yang menjadi narasumber dan menyampaikan materi training untuk karyawan secara online.

Untuk menyampaikan materi dalam training online, ada beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Persiapkan materi dengan baik: Pastikan bahwa materi yang akan disampaikan sudah Anda persiapkan dengan baik, termasuk menyiapkan slide presentasi yang menarik dan mudah dipahami.
  2. Gunakan media yang tepat: Pilih media yang sesuai untuk menyampaikan materi, seperti menggunakan video, audio, atau teks. Anda juga dapat menggunakan software presentasi seperti PowerPoint atau Google Slides.
  3. Sesuaikan dengan audiens: Sesuaikan penyampaian materi dengan audiens yang akan Anda sampaikan. Misalnya, jika audiens adalah mahasiswa, maka Anda dapat menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dipahami.
  4. Buat interaksi dengan audiens: Buat interaksi dengan audiens dengan mengajukan pertanyaan atau mengajak mereka untuk berdiskusi. Ini akan membuat training lebih menyenangkan dan membantu peserta memahami materi dengan lebih baik.
  5. Sesuaikan dengan durasi waktu yang tersedia: Sesuaikan jumlah materi yang akan disampaikan dengan durasi waktu yang tersedia. Jangan sampai terlalu banyak materi yang disampaikan sehingga audiens merasa bosan atau kewalahan.
  6. Sertakan contoh atau latihan: Sertakan contoh atau latihan dalam training untuk membantu peserta memahami materi dengan lebih baik. Ini juga dapat membantu peserta mengaplikasikan materi yang telah dipelajari ke dalam situasi nyata.

120 VIDEO CARA MEMBUAT KURSUS/TRAINING ONLINE >> AKSES KLIK DISINI

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *