cara mendapatkan sertifikat bnsp

Cara Mendapatkan Sertifikat BNSP

Cara Mendapatkan Sertifikat BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) secara singkat bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih profesi yang ingin Anda sertifikasi dan pastikan Anda memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh BNSP untuk profesi tersebut. Persyaratan ini mungkin termasuk pendidikan, pengalaman kerja, dan lainnya.
  2. Registrasi dan bayar biaya pendaftaran sertifikasi. Biaya ini bervariasi tergantung pada profesi yang dipilih.
  3. Ikuti ujian sertifikasi yang diselenggarakan oleh BNSP. Ujian ini biasanya terdiri dari tes teori dan tes praktik yang dapat dilakukan di tempat atau secara online.
  4. Setelah lulus ujian, Anda akan menerima sertifikat BNSP yang menyatakan bahwa Anda telah terakreditasi sebagai profesi tersebut. Sertifikat ini berlaku selama 3-5 tahun dan dapat diperpanjang dengan mengikuti program pemeliharaan kompetensi yang ditetapkan oleh BNSP.

Nah, tentunya anda memahami profesi yang anda miliki. Sesungguhnya Anda bisa menjelajah di website BNSP ataupun menggunakan mesin pencari. Utamanya untuk mendapatkan informasi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) apa yang bisa memfasilitasi uji kompetensi anda. Termasuk syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Namun bisa jadi proses tersebut akan membuat anda kurang paham karena banyaknya informasi. Kami di Ferdi Training Center yang bekerjasama dengan banyak mitra vendor training telah menyelenggarakan ratusan judul program sertifikasi. Maka anda cukup menghubungi kami tanpa perlu kebingungan lagi tentang cara mendapatkan sertifikat BNSP.

CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

Cara Mendapatkan Sertifikasi BNSP: Uji Kompetensi Langsung atau Pelatihan Dulu?

Pada awal artikel telah kami sampaikan secara mudah cara mendapatkan sertifikat BNSP. Anda yang telah memahami unit kompetensi profesi anda dengan baik dan siap mengikuti uji kompetensi bisa langsung mendaftar dan mengajukan diri ke BNSP/LSP.

Namun, banyak juga profesional yang merasa perlu mendapatkan panduan dan referensi sebelum mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat BNSP. Bisa jadi anda salah satunya yang memiliki kebutuhan ini.

Kami juga sangat merekomendasikan anda untuk mengikuti program pelatihan berbasis kompetensi. Tentunya untuk menyelaraskan pengalaman, kemampuan, kompetensi dan skill anda selama ini dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Sehingga hasilnya adalah pencapaian terbaik yaitu mendapatkan Sertifikat BNSP.

Cara Mendapatkan Sertifikat BNSP Dengan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Pelatihan berbasis kompetensi adalah jenis pelatihan yang bertujuan untuk membantu seseorang memperoleh kompetensi yang diperlukan dalam suatu profesi atau pekerjaan tertentu. Kompetensi adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang relevan untuk melakukan suatu pekerjaan atau profesi dengan efektif dan efisien.

Pelatihan berbasis kompetensi biasanya diselenggarakan oleh lembaga pelatihan yang telah terakreditasi, seperti badan sertifikasi profesi atau lembaga pelatihan kepegawaian. Pelatihan ini biasanya terdiri dari materi teori dan praktik yang diajarkan oleh instruktur yang berpengalaman dan terlatih.

pelatihan berbasis kompetensi

Setelah mengikuti pelatihan berbasis kompetensi, seseorang biasanya diuji untuk memastikan bahwa mereka telah memahami materi yang diajarkan dan memiliki kompetensi yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan atau profesi tertentu. Jika lulus ujian, seseorang dapat memperoleh sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah terakreditasi sebagai profesi tersebut.

Pelatihan berbasis kompetensi dapat membantu seseorang dalam:

  • memperoleh kompetensi yang diperlukan untuk bekerja dalam profesi tertentu
  • meningkatkan peluang mereka untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan
  • meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien.

CEK PROGRAM PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI KAMI >> KLIK DISINI <<

Mengapa Anda Harus Mendapatkan Sertifikat BNSP

Sertifikat BNSP diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang menyatakan bahwa seseorang telah terakreditasi sebagai profesi tertentu. Sertifikat ini menunjukkan bahwa seseorang memiliki kompetensi yang diakui secara nasional dalam profesi tersebut.

Anda dapat menggunakan Sertifikat BNSP untuk beberapa tujuan, termasuk:

  1. Menunjukkan kepada perusahaan bahwa Anda memiliki kompetensi yang diperlukan untuk bekerja dalam profesi tersebut.
  2. Membantu Anda memperoleh pekerjaan di perusahaan yang mencari kandidat yang memiliki sertifikat BNSP.
  3. Memberikan dasar yang kuat bagi Anda untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensi Anda dalam profesi tersebut.
  4. Menunjukkan kepada masyarakat bahwa Anda memiliki kompetensi yang diakui secara nasional dalam profesi tersebut, yang dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh Anda.

Menunjukkan kepada klien atau pelanggan bahwa Anda memiliki kompetensi yang diakui secara nasional dalam profesi tersebut, yang dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap layanan yang diberikan oleh Anda.

Masa Berlaku Sertifikat BNSP

Sertifikat BNSP berlaku selama 3-5 tahun dan dapat diperpanjang dengan mengikuti program pemeliharaan kompetensi yang ditetapkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Program pemeliharaan kompetensi ini bertujuan untuk memastikan bahwa seseorang yang telah terakreditasi sebagai profesi tertentu tetap memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh BNSP.

Untuk memperpanjang sertifikat BNSP, Anda harus memenuhi persyaratan pemeliharaan kompetensi yang ditetapkan oleh BNSP, yang biasanya terdiri dari pelatihan dan ujian. Jika Anda tidak memperpanjang sertifikat BNSP Anda dalam waktu yang ditentukan, maka sertifikat tersebut akan expire (kadaluwarsa) dan Anda harus mengikuti proses sertifikasi ulang untuk memperoleh sertifikat yang baru.

Demikianlah prosedural umum bagi anda yang membutuhkan informasi mengenai cara mendapatkan sertifikat BNSP. Kami di Ferdi Training Center juga memiliki tujuan untuk senantiasa bisa membantu anda memenuhi kompetensi dan program sertifikasi yang anda butuhkan. Jangan ragu untuk berkomunikasi, berdiskusi dan mengkonsultasikan dengan kami. Hubungi kami dengan klik tombol WhatsApp dibawah ini:

CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *