cara mendapatkan sertifikasi kompetensi

Cara Mendapatkan Sertifikasi Kompetensi

Apabila anda sedang mencari bagaimana cara mendapatkan sertifikasi kompetensi, maka artikel ini bisa menjadi referensi bagi anda.

Jika membutuhkan informasi dan konsultasi segera, silahkan hubungi Ferdi Training Center via WhatsApp >> KLIK DISINI. Untuk mendapatkan pemahaman lebih jauh, kami persilahkan membaca artikel selengkapnya dibawah.

CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

Apa Itu Sertifikasi Kompetensi

Sertifikasi kompetensi adalah suatu bentuk pengakuan atas kemampuan dan kompetensi seseorang dalam suatu bidang atau pekerjaan tertentu. Pengakuan kompetensi melalui sertifikasi ini biasanya diberikan oleh lembaga sertifikasi yang terkait dengan bidang tersebut setelah seseorang mengikuti program pelatihan dan lulus ujian yang menguji kemampuan dan kompetensi mereka. Sertifikasi kompetensi dapat menjadi bukti kualifikasi yang diakui secara resmi dalam bidang tersebut, dan dapat membantu Anda dalam meningkatkan karier dan meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

sertifikasi profesi

Jenis-jenis Sertifikasi Kompetensi

Ada banyak jenis sertifikasi kompetensi yang dapat Anda miliki, tergantung pada bidang atau pekerjaan yang ingin Anda tekuni. Beberapa contoh jenis sertifikasi kompetensi yang sering diberikan oleh lembaga sertifikasi adalah Sertifikasi Kompetensi Keahlian:

  • Teknis, seperti sertifikasi kompetensi dalam bidang elektronik, otomotif, dan teknik mesin
  • Bisnis, seperti sertifikasi kompetensi dalam bidang manajemen, keuangan, dan pemasaran
  • Komputer, seperti sertifikasi kompetensi dalam bidang pengembangan perangkat lunak, jaringan, dan basis data
  • Kesehatan, seperti sertifikasi kompetensi dalam bidang perawatan kesehatan, keperawatan, dan farmasi
  • Bahasa asing, seperti sertifikasi kompetensi dalam bidang bahasa Inggris, Jepang, dan Mandarin

Hal tersebut di atas hanya beberapa contoh jenis sertifikasi kompetensi yang ada. Ada banyak jenis lainnya yang dapat Anda cari sesuai dengan keahlian dan minat Anda.

CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

Lembaga Yang Mengeluarkan Sertifikasi Kompetensi

Lembaga yang mengeluarkan sertifikasi kompetensi biasanya berasal dari berbagai macam organisasi, baik pemerintah maupun swasta. Beberapa contoh lembaga yang sering mengeluarkan sertifikasi kompetensi adalah sebagai berikut:

  • Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), yang dibentuk oleh pemerintah untuk mengeluarkan sertifikasi kompetensi bagi profesi tertentu
  • Asosiasi Profesi, yang terdiri dari anggota profesi yang bergabung bersama untuk mengeluarkan sertifikasi kompetensi bagi anggotanya
  • Perusahaan atau organisasi swasta, yang dapat mengeluarkan sertifikasi kompetensi bagi karyawan atau mitra kerjanya untuk menunjukkan kemampuan dan kompetensi mereka dalam bidang terkait
  • Lembaga Pendidikan, yang dapat menyelenggarakan program pelatihan dan mengeluarkan sertifikasi kompetensi bagi peserta yang lulus ujian

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang lembaga yang mengeluarkan sertifikasi kompetensi, Anda dapat mencari informasi di internet atau menghubungi lembaga yang terkait dengan bidang yang ingin Anda tekuni.

cara mendapatkan sertifikasi BNSP

Cara Mendapatkan Sertifikasi Kompetensi

Untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi, Anda perlu mengikuti program pelatihan yang ditawarkan oleh lembaga sertifikasi yang terkait dengan bidang kompetensi yang ingin Anda miliki. Setelah mengikuti pelatihan tersebut, Anda akan diuji untuk menentukan tingkat kemampuan dan kompetensi Anda dalam bidang tersebut. Jika Anda lulus ujian tersebut, Anda akan mendapatkan sertifikasi kompetensi yang menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan dan kompetensi yang dibutuhkan dalam bidang tersebut.

Sertifikasi Kompetensi BNSP

BNSP adalah singkatan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi, yang merupakan lembaga yang dibentuk oleh pemerintah untuk mengelola sistem sertifikasi kompetensi di Indonesia. Lembaga ini bertanggung jawab untuk mengembangkan standar kompetensi dan mengelola sertifikasi bagi para profesional di berbagai bidang pekerjaan. Dengan memperoleh sertifikasi kompetensi dari BNSP, seseorang dapat membuktikan bahwa ia memiliki kompetensi dan kualifikasi yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh BNSP.

Cara Mendapatkan Sertifikasi Kompetensi dari BNSP

Untuk memperoleh sertifikasi kompetensi dari BNSP, seseorang harus mengikuti tahapan-tahapan yang telah ditetapkan oleh BNSP. Tahapan-tahapan tersebut meliputi:

  1. Mendaftar untuk mengikuti ujian sertifikasi kompetensi. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs web BNSP atau melalui kantor-kantor BNSP yang tersebar di seluruh Indonesia.
  2. Mengikuti pelatihan kompetensi yang diselenggarakan oleh BNSP atau oleh lembaga pelatihan yang telah terakreditasi oleh BNSP. Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta ujian agar dapat mengikuti ujian sertifikasi dengan baik.
  3. Mengikuti ujian sertifikasi kompetensi yang diselenggarakan oleh BNSP. Ujian ini biasanya terdiri dari tes tertulis dan/atau tes praktik yang bertujuan untuk mengukur kompetensi peserta dalam bidang pekerjaan yang bersangkutan.
  4. Melakukan verifikasi dokumen dan mengajukan permohonan sertifikasi ke BNSP. Setelah mengikuti ujian sertifikasi, peserta harus menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan ke BNSP untuk verifikasi. Jika dokumen yang diajukan telah memenuhi persyaratan, peserta akan diberikan sertifikat kompetensi oleh BNSP.

cara mendapatkan sertifikasi kompetensi

Cara Mendapatkan Sertifikasi Kompetensi BNSP Melalui Ferdi Training Center

Lebih dari satu dekade, Ferdi Training bekerjasama dengan banyak mitra training provider. Semua provider tersebut saat ini menjadi lembaga diklat profesi yang bisa menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi. Sehingga peserta akan siap dan bisa mengikuti proses uji kompetensi dari BNSP.

Tentu saja mitra training provider kami ini menjadi Tempat Uji Kompetensi dari berbagai Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Ketiga (LSP-P3). Secara intensif kami bersama-sama mempublikasikan dan menyelenggarakan agenda program Pelatihan dan Sertifikasi BNSP. Masyarakat umum, profesional dan organisasi perusahaan bisa mengikuti program tersebut, selama memenuhi kualifikasi kompetensi yang menjadi syarat.

Maka cara mendapatkan sertifikasi kompetensi BNSP dari Ferdi Training adalah:

  1. Silahkan cek judul yang paling sesuai dengan bidang profesi yang ingin disertifikasi >> KLIK DISINI
  2. Pelajari dengan baik pada masing-masing judul, terutama Materi Standar Kompetensi Nasional Indonesia (SKKNI)
  3. Pelajari dan siapkan persyaratan-persyaratan yang wajib dipenuhi untuk mengikuti proses uji kompetensi
  4. Lampirkan Portofolio Kerja atau Curriculum Vitae yang membuktikan pengalaman kerja sesuai bidang profesi yang hendak disertifikasi
  5. Tim Ferdi Training dan vendor sertifikasi akan memvalidasi kualifikasi awal anda untuk bisa mengikuti Pembinaan dan Sertifikasi Kompetensi dari BNSP
  6. Setelah anda dinyatakan fit secara portofolio dan bisa mengikuti program tersebut, tim vendor akan memberikan informasi lengkap prosedur dan jadwal pelaksanaan program
  7. Jika sudah pasti, ikuti program pelatihan dan pra-asesmen secara lengkap, agar anda benar-benar matang dan siap mengikuti Uji Kompetensi.
  8. Jangan lupa, bawalah bukti unjuk kerja anda atau bukti-bukti lain yang menguatkan kompetensi dan kualitas anda sesuai dengan SKKNI yang menjadi rujukan uji kompetensi
  9. Ikuti Proses Uji Kompetensi
  10. Setelah proses Uji Kompetensi, Asesor akan menetapkan peserta KOMPETEN (K) atau BELUM KOMPETEN (BK)
  11. Selanjutnya proses pendokumentasian, rapat pleno dan keputusan hasil uji kompetensi akan dilakukan oleh Pihak Lembaga Sertifikasi Profesi
  12. LSP akan menerbitkan Sertifikat Kompetensi bagi anda yang dinyatakan KOMPETEN (K) dan Surat Keterangan Mengikuti Uji Kompetensi bagi anda yang BELUM KOMPETEN (BK)

Konsultasi Langsung

Demikianlah informasi kami mengenai proses dan cara mendapatkan sertifikasi kompetensi, khususnya dari BNSP. Jika anda belum menemukan Skema Sertifikasi Profesi atau Kompetensi yang tepat dengan bidang anda, jang ragu untuk menghubungi kami. Kami akan berusaha membantu anda mendapatkan hasil terbaik untuk kebutuhan anda.

Apabila anda membutuhkan informasi dan konsultasi segera, silahkan hubungi Ferdi Training Center via WhatsApp >> KLIK DISINI.

CHAT WA FERDI TRAINING CENTER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *