proses pelatihan

PROSES PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA

Pelatihan diperlukan untuk membantu karyawan perusahaan melakukan pekerjaannya dengan baik. Perusahaan senantiasa perlu memastikan bahwa mereka memiliki pekerja terbaik dalam organisasi mereka terutama yang memiliki banyak departemen berbeda. Akan mudah tentunya untuk mencapai kesuksesan dengan partisipasi karyawan dalam organisasi. Satu hal yang harus diingat oleh pemberi kerja adalah bahwa mereka harus selalu memberikan kesempatan kepada karyawan mereka untuk meningkatkan kualitas pekerjaan yang mereka lakukan. Hal tersebut adalah alasan utama mengapa mereka harus memberikan pelatihan, seminar dan kegiatan lain yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pekerja. Maka proses pelatihan sumber daya manusia yang tepat sudah semestinya dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan-kegiatan tersebut memang membuahkan hasil yang baik.

Proses Pelatihan terdiri dari serangkaian langkah yang perlu diikuti secara sistematis untuk memiliki program pelatihan yang efisien. Pelatihan adalah kegiatan sistematis yang dilakukan untuk memodifikasi keterampilan, sikap dan perilaku karyawan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Berikut adalah langkah-langkah proses pelatihan.

proses pelatihan
proses pelatihan

1. Analisis kebutuhan pelatihan

Tahap pertama dalam proses pelatihan adalah menilai kebutuhan untuk melatih karyawan. Kebutuhan akan training dapat diidentifikasi melalui analisis tantangan saat ini dan masa depan dan melalui kesenjangan antara kinerja aktual karyawan dan kinerja standar. Analisis kebutuhan dapat dipelajari dari dua perspektif: Individu dan kelompok. Pelatihan individu dirancang untuk meningkatkan efisiensi individu saat tidak berkinerja memadai. Lalu pelatihan kelompok dimaksudkan untuk menanamkan perubahan baru pada karyawan karena perubahan dalam strategi program organisasi.

2. Menentukan Tujuan Instruksional

Setelah kebutuhan diidentifikasi, tujuan pelatihan bisa ditetapkan. Tujuan pelatihan dapat didasarkan pada kesenjangan yang terlihat dalam program pelatihan yang dilakukan sebelumnya dan keterampilan yang dikembangkan oleh karyawan.

3. Merancang Program sebagai Proses Pelatihan

Langkah selanjutnya adalah merancang program pelatihan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Setiap program pelatihan mencakup isu-isu tertentu seperti: Siapa peserta pelatihan? Siapa trainernya? Metode apa yang akan digunakan untuk pelatihan? Apa yang akan menjadi tingkat pelatihan? dan lain-lain. Rencana tindakan komprehensif juga dirancang yang mencakup konten pelatihan, materi, teori pembelajaran, desain pembelajaran, dan persyaratan pelatihan lainnya.

4. Implementasi Program Pelatihan

Setelah merancang program pelatihan selesai, langkah selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam pelaksanaan. Keputusan terpenting yang perlu dibuat adalah di mana pelatihan akan dilakukan di dalam perusahaan atau di luar perusahaan.

Setelah diputuskan, waktu untuk pelatihan ditetapkan bersama dengan trainer yang akan melakukan sesi pelatihan. Selain itu, para peserta dimonitor secara terus-menerus selama program pelatihan untuk melihat apakah itu efektif dan mampu mempertahankan minat karyawan.

5. Evaluasi Program Pelatihan

Setelah pelatihan selesai, karyawan diminta untuk memberikan umpan balik pada sesi pelatihan dan apakah mereka merasakan manfaatnya atau tidak. Melalui umpan balik, organisasi dapat menentukan titik-titik lemah jika ada dan dapat memperbaikinya di sesi berikutnya. Evaluasi program pelatihan adalah suatu keharusan karena perusahaan berinvestasi dalam jumlah besar dalam sesi ini dan harus tahu efektivitasnya dalam hal penggunaan uang. Dengan demikian, setiap perusahaan mengikuti serangkaian langkah-langkah untuk merancang program pelatihan yang efektif yang mencapai tujuan yang dimaksudkan.

Ferdi Training Center memiliki kerjasama strategis dengan belasan training provider. Semuanya menawarkan konsep yang unik dalam menghadirkan training perusahaan yang terbaik untuk anda. Kami juga sudah memiliki wewenang dalam penyelenggaraan pelatihan dan pembinaan untuk bidang-bidang sertifikasi ahli kesehatan dan keselamatan kerja yang ditunjuk langsung oleh Kementrian Tenaga Kerja. Sedemikian halnya untuk sertifikasi profesi dan sertifikasi kompetensi, kami telah bekerjasama dengan belasan Lembaga Sertifikasi Profesi yang ada di Indonesia. Maka anda tidak perlu ragu lagi, untuk memvalidasi kompetensi SDM anda, Ferdi Training Center bisa menjadi pilihan terbaik anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *