efektivitas pelatihan karyawan

Efektivitas Pelatihan Karyawan Untuk Pertumbuhan Perusahaan

Organisasi perusahaan sejatinya senantiasa memahami pentingnya pelatihan dan pengembangan karyawan serta manfaatnya. Bisnis akan berkembang dan terus mengalami kemajuan jika karyawan mendapatkan pelatihan yang baik dan melalui proses penilaian secara berkala. Karyawan akan mampu membantu perusahaan untuk mencapai tingkat kepuasan dan retensi pelanggan dengan mempelajari strategi terbaru melalui pelatihan. Masalah-masalah internal juga bisa ditangani tanpa perlu memanggil tenaga ahli dari luar perusahaan dan hal tersebut akan lebih efisien. Pertumbuhan kualitas sumber daya manusia dan bisnis membutuhkan pelatihan yang tepat. Maka efektivitas pelatihan karyawan bisa berawal dari analisis kebutuhan dan penentuan jenis pelatihan apa yang paling sesuai untuk karyawan perusahaan Anda.

Beberapa perusahaan menjadikan pelatihan sebagai salah satu faktor utama kinerja perusahaan. Mereka memiliki ukuran pencapaian tentang hasil pelatihan yang dikehendaki. Seperti halnya peningkatan profit bisnis, kinerja karyawan yang lebih baik, efisiensi biaya dalam berbagai hal dan mengurangi kesalahan dalam proses bisnis yang mungkin sebagai akibat dari faktor manusia. Bahkan pelaksanaan orientasi karyawan baru secara seksama menjadi agenda dalam periode tertentu untuk memastikan mereka memahami bisnis, kebijakan, produk dan tugasnya dengan target terbaik.

Analisis dan Perencanaan Yang Benar Agar Mencapai Efektivitas Pelatihan Karyawan

Kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari pelatihan karyawan adalah melakukan analisis yang cermat tentang sektor bisnis apa yang memerlukan bimbingan ekstra, jenis pelatihan apa yang diberikan dan hasil akhir yang menjadi harapan, seperti halnya peningkatan kinerja. Perusahaan harus menentukan kebutuhan biaya dalam pelatihan karyawan. Selanjutnya memantau personel secara berkala untuk melihat apakah mereka telah menerapkan perubahan karena pelatihan dan jika ada peningkatan dalam bisnis.

training karyawan

Keterlibatan karyawan penting dalam penentuan pelatihan. Mulai dari bahwa mereka memang merasakan kebutuhan pelatihan dan memilih pelatihan yang sesuai kebutuhan mereka itu. Biaya pelatihan juga harus rasional dan tidak terlalu memberatkan anggaran. Pelatihan karyawan sangat penting karena akan menjadi panduan untuk melakukan kerja mereka secara efektif dan meningkatkan bisnis secara signifikan. Perusahaan harus menyadari bahwa efektivitas pelatihan karyawan sangat penting untuk efisiensi bisnis dengan return of investment (ROI) yang baik.

Perencanaan seksama dan hasil maksimal dari pelatihan karyawan akan meningkatkan kepuasan kerja, moral, motivasi dan efisiensi. Hasilnya adalah keuntungan finansial serta mengurangi pergantian karyawan. Pelatihan membekali karyawan baru dengan kapasitas untuk beradaptasi dengan teknologi dan metode baru. Sedemikian halnya untuk membantu menerapkan strategi dan produk baru dengan percaya diri dan berhasil.

Trainer Sebagai Faktor Pendukung Efektivitas Pelatihan Karyawan

Dalam banyak kasus perusahaan menemukan bahwa dengan menerapkan jadwal pelatihan biasa saja dapat menjadi kontra produktif. Karyawan yang memiliki pola pikir negatif akan menganggap mereka membuang waktu untuk menghadiri program semacam itu. Mereka hanya berusaha mempelajari hal-hal yang tidak berguna bagi mereka dan kembali ke pekerjaan rutin tanpa hasil nyata. Hal yang bisa memicu antusiasme dan kemauan untuk belajar dan menerapkan pengetahuan itu adalah jika mereka tahu bahwa suatu program disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Maka perusahaan harus menentukan trainer yang mampu mengembangkan program pelatihan khusus.

Trainee membutuhkan seseorang dengan kedalaman pengetahuan, keahlian dan pengalaman untuk memberi mereka pelatihan yang berwawasan luas dengan cara yang benar sehingga pengetahuan itu “menempel”. Trainer juga harus sabar dan pengertian serta mampu mengembangkan hubungan baik dengan peserta pelatihan dalam waktu singkat. Seberapa baik interaksi berjalan juga berpengaruh pada hasil pelatihan.

Maka trainer ideal sudah semestinya mempersiapkan hal-hal berikut ini:

  • Perencanaan

Seperti halnya investasi bisnis, perencanaan adalah bagian penting dari proyek. Perencanaan adalah penetuan mengenai kebutuhan peserta pasca pelatihan dan trainer mengetahui bagaimana tujuan pelatihan telah tercapai. Pada tahap ini trainer juga bisa membuat catatan tentang pertanyaan dan bahan diskusi yang akan menjadi bahan pembicaraan sehingga trainer benar-benar siap dalam merencanakan training yang bermakna.

  • Merangkai & Menyajikan Konten

Mengembangkan konten berarti lebih dari sekedar menyusun pokok pikiran ke dalam daftar poin-poin di slide-slide presentasi. Trainer harus kreatif dalam memanfaatkan bahan materi, menggunakan visual efektif selain Microsoft PowerPoint yang populer itu. Pemanfaatan best practice dan studi kasus dengan baik akan memaksimalkan kualitas training.

trainer perusahaan

  • Lingkungan Pembelajaran

Lingkungan belajar yang kondusif untuk pelatihan juga sama pentingnya dengan konten yang bagus. Trainer bisa memaksimalkan elemen-elemen terbaik untuk memaksimalkan pengalaman belajar peserta training. Dengan strategi yang tepat, trainer bisa membuat peserta dan konsentrasi pikirannya terlibat serta berpartisipasi aktif dalam proses belajar.

  • Mengelola Waktu & Energi

Trainer yang baik memiliki seni dan ilmu untuk mengatur waktu di dalam kelas. Baik pelatihan yang berlangsung 2 jam atau 2 bulan. Karena sungguh perlu membuat ritme energi trainer dan peserta terjaga baik selama proses pelatihan.

  • Menangani Situasi Sulit

Pada akhirnya, setiap trainer akan menghadapi orang-orang yang menantang dan situasi yang sulit. Maka trainer harus mampu dan mempersiapkan diri untuk menangani situasi ini dengan bijaksana dan efektif.

  • Pengujian & Evaluasi

Efektivitas pelatihan karyawan harus terukur dengan baik. Trainer bisa melakukannya mulai dari respon pertama peserta hingga ROI training.

Hal-hal yang sudah kita bahas di atas mungkin sederhana namun penting ketika organisasi memutuskan program pelatihan karyawan. Perusahaan akan mendapati nilai terbaik dari investasi yang dikeluarkan ketika tujuan pelatihan tercapai. Sedemikian halnya karyawan lebih berdaya dengan pengetahuan dan antusiame baru untuk memberikan kontribusi maksimal. Perusahaan akan bertumbuh dan begitu juga karyawannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.